Twilight Rajai Razzie Awards

tllLOS ANGELES – Setiap tahun menjelang perayaan Oscar, ada satu event yang tak boleh dilupakan. Apa lagi kalau bukan Razzie Awards. Jika Oscar diberikan kepada film dan para pendukung terbaik, Razzie dihadiahkan untuk mereka yang terburuk. Tahun ini sekuel terakhir Twilight Saga, The Breaking Dawn Part II sukses mendapat tujuh penghargaan sekaligus.

Di antaranya, film terburuk, sekuel terburuk, sutradara terburuk untuk Bill Condon, aktris terburuk untuk Kristen Stewart, hingga aktor pendukung terburuk bagi Taylor Lautner. Hasil itu disampaikan langsung di The Continent Breakfast Room Hotel Holiday Inn Express Hollywood Walk of Fame Sabtu (23/2). Tentu saja, tak ada satu pun wakil Twilight yang hadir untuk menerima piala.

Sejatinya, serial Twilight acap kali masuk dalam nominasi Razzie Awards. Namun, selama itu pula Twilight selalu “lolos”. “Alih-alih ditonton 40 juta perempuan, Twilight sebenarnya hanya ditonton delapan juta orang. Tapi, masing-masing menontonnya lima kali,” kata John Wilson dari Golden Raspberry Award Foundation yang menyelenggarakan Razzie Awards tiap tahun.

Karena itulah, Wilson menyebut wajar jika Breaking Dawn Part II mendapat anugerah sebagai film terburuk. Film tentang cewek galau yang ingin masuk keluarga vampir itu mengalahkan nomine film buruk lainnya, yaitu Battleship, That”s My Boy, A Thousand Words, dan The Oogieloves in the Big Balloon Adventure. Raihan USD 828 juta sejak dirilis November menurutnya bukan prestasi.

Tentu saja, hasil penjurian Razzie mendapat kecaman dari fans Twilight. John Wilson sendiri tak ambil pusing. Dia mengibaratkan pemuja film itu sama dengan keangkuhan Academy Awards. “Keberadaan kami untuk mengolok-olok kesombongan itu dengan cara yang menyenangkan. Twilight telah masuk gang kami,” imbuhnya.

Twilight makin babak belur karena aktris utama dalam film tersebut, Kristen Stewart, juga dinyatakan sebagai yang terburuk. Oleh Razzie, perannya di Breaking Dawn II dan Snow White and The Huntsman sangat buruk. Dia tidak menyangka seorang Kristen Stewart bisa berperan sangat jelek di dua film sekaligus.

“Akting itu harus melibatkan ekspresi di wajah. Tidak seperti yang dilakukan dia (Kristen Stewart, Red). Ekspresinya kosong dan hampa,” lanjut Wilson.

Dia juga mengklaim, hasil yang didapat dalam Razzie adalah cermin pendapat publik Amerika yang sebenarnya tentang film. Berbeda dengan Kristen Stewart, pasangan mainnya, Robert Pattinson, bisa dikatakan lebih beruntung. Sebab, namanya lolos dari kategori aktor terburuk karena nominasi itu kembali dimenangkan Adam Sandler. Seperti diketahui, tahun sebelumnya Sandler juga menjadi aktor terburuk karena filmnya, Jack and Jill.

Kali ini, dia terjatuh di lubang yang sama karena komedi cabul berjudul That”s My Boy. Sementara itu, Rihanna juga mendapat piala setelah ditetapkan sebagai aktris pendukung wanita terburuk di film Battleship. (dim/c6/any)