Tutup Buku, Kades dan Perangkat Desa di Benteng Serbu Inspektorat

Bakti/BE
AWASI : Inspektur Daerah Benteng, Lili Trianti (kanan) saat menjelaskan Tupoksi Inspektorat dalam hal mengawasi penggunaan keuangan desa.

BENTENG,bengkuluekspress.com – Menjelang penyusunan dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2021, kantor Inspektorat Daerah Bengkulu Tengah (Benteng) ramai didatangi Kepala Desa (Kades) dan perangkat. Kades dan perangkat sengaja datang untuk menyelesaikan proses tutup buku laporan pengelolaan keuangan desa tahun anggaran 2021.

Inspektur Daerah (Ipda) Benteng, Lili Trianti mengatakan, keterlambatan dalam menuntaskan tutup buku bukanlah kesengajaan dari Pemerintah Desa (Pemdes). Hanya saja, kendala yang dialami adalah Kades dan Perangkat Desa belum begitu memahami tentang pembukuan keuangan desa yang saat ini sudah menggunakan aplikasi. Yaitu, aplikasi sistem keuangan desa (Siskudes) dari BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu.
“Secara manual, tutup buku sudah selesai. Hanya saja, proses tutup buku memang harus diketahui oleh Inspektorat,” kata Lili.

Lebih lanjut, Lili menerangkan, Inspektorat memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dalam hal mengawasi penggunaan dana desa. Salah satunya adalah memantau laporan/pembukuan setiap akhir tahun.
“Selain itu, juga ada imbauan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Benteng supaya desa segera dan diketahui Inspektorat,” pungkasnya.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*