Turba, Walikota Bersihkan Gorong-gorong

walikot ikut bergotong royongBENGKULU, BE – Sejak dilantik menjadi Walikota pada 21 Januari lalu, Helmi Hasan terus melakukan berbagai gebrakan untuk mewujudkan perubahan di kota Bengkulu. Seperti kemarin padi, secara diam-diam walikota turun kebawah (Turba) mengikuti bakti sosial membersihkan lingkungan dan memperbaiki gorong-gorong bersama warga di RT VI RW 02 Kelurahan Pondok Besi, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Disela-sela kerja bhakti tersebut, walikota mengajak untuk peduli terhadap kebersihan terutama kebersihan di lingkungan sekitar tempat tinggal agar lingkungan dapat bersih dan rapi.  “Mari kita peduli kebersihan lingkungan agar lingkungan selalu sehat dan indah,” ajaknya.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut walikota juga meninjau siring dan sumur warga serta  Tempat Pelelangan Ikan TPI) Pondok Besi. Saat meninjau TPI Pondok Besi itu, masyarakat sekitar melalui lurah setempat mengusulkan agar TPI yang berlokasi didekat pinggiran pantai itu dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata bahari yang menyajikan makanan-makanan khas Bengkulu.

”Kami meminta kepada bapak walikota agar lokasi ini dapat dimanfaatkan untuk tempat wisata bahari, serta menjadikan kawasan ini kolam pemancingan laut dengan memanfaatkan rumpon (keramba apung, red) dari bekas peninggalan kapal tongkang dekat TPI ini,” pinta Lurah Pondok Besi, Sirajudin.

Menanggapi hal itu, walikota mengatakan akan menindaklanjuti hal tersebut melalui SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait. Selain itu, Walikota juga memaparkan Pemda kota akan mengembangkan potensi lokal dalam usahan ekonomi masyarakat melalui program satu miliar satu kelurahan (Samisake).

“Untuk meningkatkan ekonomi dan usaha masyarakat, pemerintah kota akan bekerjasama dengan perbankan untuk memberikan bantuan permodalan yang dapat dipergunakan warga untuk mengembangkan usahanya, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” terangnya.

Sidak Kantor Lurah
Usai mengikuti bakti sosial tersebut, walikota yang didampingi Asisten II dan III, staf ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM H Syafwan Ibrahim SH, dan beberapa pejabat kota lainnya melakukan Sidak (inspeksi mendadak) di dua kelurahan yang ada di Kecamatan Muara Bangkahulu, yakni  Kelurahan Bentiring dan Kelurahan Bentiring Permai.

Disela-sela Sidaknya di dua kelurahan tersebut, walikota meminta agar perangkat kelurahan dapat semakin meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. “Kepada pegawai di kelurahan ini saya harapkan dapat maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Tak hanya itu, walikota juga berpesan agar lahan pekarangan rumah warga yang belum dikelola dengan baik agar dapat dimanfaatkan menjadi lahan produktif dengan menanam macam-macam sayuran untuk memenuhi keluarga.(400)