Tuntut Perbaikan Jalan

LEBONG TENGAH, BE- Kerusakan infrastruktur jalan di sejumlah titik di Kabupaten Lebong terus dikeluhkan warga. Warga Semelako Atas kembali menagih janji terkait tuntutan mereka untuk perbaikan jalan penghubung antar desa dan kecamatan sepanjang sekitar 11,3 km yang saat ini dalam kondisi rusak parah. Kepala Desa Semelako Atas Putera Jaya saat ditemui wartawan di Desa Semelako Atas belum lama ini mengatakan bahwa sebanyak 370 kk selama 10 tahun ini menikmati kerusakan jalan tersebut karena belum adanya perbaikan dari Pemerintah melalui dinas terkait.

Bahkan sebelumnya Kepala Desa dan beberapa warga sempat mengirimkan surat kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lebong yang ditembuskan kepada Bapak Bupati Lebong, Ketua DPRD Kabupaten Lebong, serta Camat Lebong Tengah mengenai tuntutan perbaikan jalan.
“Waktu itu, kami sudah mengirimkan surat ke Dinas PU Kabupaten Lebong yang ditembuskan kepada Bupati Lebong. DPRD Lebong, dan Camat Lebong Tengah soal tuntutan warga mengenai perbaikan jalan. Sebab, sudah 10 tahun jalan ini belum pernah diperbaiki, padahal jalan lingkar desa yang menghubungkan antar Desa dan kecamatan ini sangat dibutuhkan warga, sebab jalan tersebut merupakan urat nadi perekonomian warga karena jalan tersebut juga sebagai jalan menuju Sawah dan Kebun masyarakat,” jelas Putera Jaya. Adapun surat yang pernah disampaikan kepada Kepala Dinas PU yakni usulan pengaspalan (hotmix) jalan penghubung antar desa dan kecamatan di Desa Semelako Atas. Sebab hal tersebut mengingat besarnya nilai manfaat dan kontribusi jalan yang dimaksud dalam menunjang dan meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat Desa Semelako Atas serta desa-desa sekitarnya, jalan tersebut bukan hanya sebagai sarana penghubung antar desa dan antar kecamatan tetapi merupakan jalur transportasi ke sentra produksi pertanian. “Kerusakan jalan di Desa Semelako Atas ini rata-rata sudah diatas 70%, maka kami sangat berharap jalan tersebut dapat segera diperbaiki dan ditingkatkan mutunya pada tahun anggaran 2012 ini. Adapun rute yang dimaksud adalah lingkar dalam Desa Semelako Atas sepanjang 2,3 km. Semelako Atas ke simpang 3 Bungin Talang Liak sepanjang 5 km, dan Semelako Atas ke Desa Danau Liang sepanjang 4 km. Sehingga total panjang sekitar 11,3 km,” jelas Putera Jaya. (777)