Tuntaskan Adminduk, Dukcapil BS Libatkan Desa

Gunawan Suryadi SSos MAP

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkulu Selatan terus berupaya semaksimal mungkin dalam pembuatan administrasi kependudukan (adminduk). Sehingga bekerja sama dengan pemerintahan desa dalam mensukseskan program tersebut.

“Desa juga kita libatkan dalam memaksimalkan Adminduk ini,” kata Kepala Disdukcapil BS, Gunawan Suryadi SSos MAP.

Dikatakan Gunawan, pihaknya minta pemerintahan desa dapat aktif melaporkan adminduk di desanya seperti adanya warga yang meninggal, menikah, cerai, pindah alamat, atau peristiwa kelahiran. Untuk itu, diharapkan di setiap desa menyiapkan salah satu Perangkat Desa yang mengerti mengoperasikan komputer untuk membuat registrasi kependudukan di desa tersebut. Sehingga diketahui ada warga yang meninggal, cerai, pindah alamat, ataupun melahirkan dilaporkan dalam sistem SIAK Disdukcapil.

“Setiap bulan kami akan meminta laporan dari masing-masing desa terkait data terbaru adminduk,” ujarnya.

Dengan begitu, setiap.bulannya dana adminduk selalu update dan akurat. Bahkan untuk pembuatan dokumen adminduk pihak desa ataupun masyarakat cukup memberikan e-mail kepada petugas, maka data tersebut akan langsung masuk dan bisa dicetak. Untuk pencetakan, sambung bisa dicetak di mana saja.

“Kita saat ini pelayanan sistem online, sehingga akan lebih memudahkan masyarakat untuk pelayanan adminduk, saya berharap, pemerintah desa dapat memfasilitasi warganya demi tertibnya adminduk,” harap Gunawan. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*