Tunggu Usulan Pjs Kades

TAIS, bengkuluekspress.com – Akhirnya, Bupati Seluma menerbitkan rekomendasi pengunduran diri Kepala Desa Rawa Indah, kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma telah disetujui oleh Bupati Seluma, Bundra Jaya. Sebelum di terbitkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian Rubimanto dari jabatannya. Saat ini nama penjabat Sementara masih menunggu usulan dari perangkat desa.

“Informasinya pemberhentian sudah disetujui oleh Bupati, namun tembusannya belum kami terima dan sekarang sudah menunggu usulan nama untuk Pjs kades ,”ujar Pemberhentian ini dibenarkan oleh Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Seluma, Drs Agusjun Fadlillah
L

Dinas PMD juga sedang menunggu proses dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rawa Indah, mengenai pemberhentian Rubimanto. Selain itu usulan mengenai Pjs Kepala Desa Rawa Indah, juga belum diterima oleh Dinas PMD. Terpenting, Pjs kades haruslah mereka yang PNS. apakah mereka dari lingkup desa maupun kecamatan. Tergantung dari perangkat desa yang mengusulkan.

“Belum ada usulan siapa PNS yang akan ditunjuk menjadi Pjs Kepala Desa, dan prosesnya nanti akan dilakukan oleh pihak Kecamatan Ilir Talo,” jelasnya.

Adapun sebelumnya Kepala Desa Rawa Indah telah resmi mengajukan pengunduran diri sejak awal Januari lalu. Rubimanto beralasan tidak nyaman lagi dalam menjalankan tugas, meski masa jabatannya hanya tinggal beberapa bulan lagi.

“Ingin fokus kepada usaha milik keluarga,” jelas surat pengunduran diri yang ditandatangani Rubimanto.

Pengunduran diri Rubimanto ini berselang beberapa bulan, pasca serangkaian aksi warga desanya yang menuntutnya mundur. Pada Juni 2020 warga memprotes pembagian BLT Dana Desa yang dinilai tidak transparan, yang kemudian diikuti aksi demonstrasi di Sekretariat Daerah pada Agustus 2020. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*