Tunggu Mekanisme Belajar New Normal

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu Drs H Bustasar MS MPd

BENGKULU bengkuluekspress.com – Memasuki era new normal Kemenag kini tengah menunggu mekanisme pembelajaran di dalam pesantren selama masa pandemi virus korona. Pergantian pola belajar mengajar dimasa situasi pandemi saat ini seluruh aktifitas kegiatan belajar mengajar baik madrasah dan pondok pesantren berlangsung dengan jarak jauh atau daring (dalam jaringan).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu Drs H Bustasar MS MPd mengatakan, belum bisa memastikan kapan kegiatan belajar mengajar bisa kembali normal dalam situasi pandemi ini.

“Kita sudah pantau kesiapan madrasah dan pondok pesantren menghadapi new normal ini, tapi kapan kegiatan belajar mengajar diselenggarakan masih menunggu dari pusat,” kata Bustasar.

Secara garis besar kegiatan belajar mengajar di pesantren akan diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Intinya mengikuti protokol kesehatan covid-19, didalam asrama juga harus jaga jarak.

”Nah penambahan fasilitas santri perlu diperhatikan,” imbuhnya.

Pelaksanaan new normal di pondok pesantren menjadi perhatian besar. Terlabih pondok pesantren selain melibatkan orang banyak, juga aktivitas di dalam asrama. Pemberlakuan protokol kesehatan di pesantren selama pandemi adalah prioritas utama. Tujuannya guna melindungi para santri di pondok dari virus. Madrasah dan pontren harus menjadi contoh penerapan new normal. Jangan sampai ada yang terpapar.

”Maka dari itu, kita tidak boleh gegabah mengenai aturan di pontren. Kita tunggu saja aturan uang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama dalam waktu dekat, dan pesantren harus bebas Covid,” tutupnya.(247)