Tunggakan Jamkesda Tak Dibayar

CURUP, BE РJanji Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Ahmad July untuk melunasi tunggakan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di RSUD Curup, tak ditepati.  Hingga kemarin (27/8), tunggakan tersebut tak kunjung dibayar oleh pihak Dinas Kesehatan Rejang Lebong.
“Hingga kini tunggakan Jamkesda belum juga dibayarkan,” ungkap Direktur RSUD Curup Almaini SKP MKes.
Menurut Almaini, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui alasan belum dibayarkannya tunggakan Jamkesda dari awal tahun 2014 lalu.
Lebih lanjut ia menjelaskan meskipun awalnya tunggakan tersebut tidak mengganggu operasional rumah sakit, namun akhir-akhir ini mulai dirasakan dampaknya. Salah satu dampak yang sudah mereka rasakan yaitu dana untuk menutupi pembelian obat sudah menipis karena masih mengendap ditunggakan Jamkesda.
“Hingga akhir bulan Juli kemarin, tunggakan Jamkesda sudah mencapai Rp 600 juta, dan kemungkinan besar bertambah karena untuk bulan Agustus ini belum kita hitung,” jelas Almaini.
Tak kunjung dibayarkannya tunggakan Jamkesda oleh Dinas Kesehatan Rejang Lebong membuat Anggota DPRD Rejang Lebong angkat bicara. Salah satunya adalah Irawan Effendi, ia berharap agar Dinas Kesehatan untuk segera melakukan pembayaran.
“Kita harap pihak dinas kesehatan segera melakukan pembayaran, mengingat dana tersebut sangat penting untuk operasional rumah sakit¬† terlebih lagi rumah sakit merupakan objek vital,” jelas Politisi Nasdem tersebut. (251)