Tundukkan Panama, Spanyol Menang 5-1

Spanyol meraih kemenangan telak 5-1 atas Panama di Stadion Rommel Fernandez Gutierrez, Panama City, Rabu atau Kamis (15/11) pagi WIB.

Bermain tanpa Xavi Hernandez, Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque menugaskan Benat Etxeberria sebagai pengatur serangan menemani Andres Iniesta. Sedangkan lini depan “La Furia Roja” dipercayakan kepada David Villa, Juan Mata, dan Pedro Rodriguez.

Laga berlangsung 16 menit, Spanyol sudah membuka keunggulan melalui Pedro. Pemain Barcelona itu mendapatkan umpan manis dari aksi Iniesta di dalam kotak penalti.

Lima belas menit sesudahnya, Spanyol kembali mencetak gol ke gawang Panama. Lagi-lagi, aksi individu Iniesta menjadi awal terciptanya gol tim tamu. Liukan Iniesta dari sisi kiri yang diteruskan umpan ke depan mulut gawang Panama diselesaikan dengan dingin oleh David Villa.

Dua menit sebelum babak pertama berakhir, Pedro kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, umpan terobosan Juan Mata membuat Pedro tinggal berhadapan dengan kiper Panama, Kaime Penedo. Dengan gerak tipu, Pedro mengelabui Penedo sebelum melesakkan gol mudah ke untuk mengakhiri babak pertama 3-0 untuk Spanyol.

Memasuki babak kedua, Spanyol mampu menambah dua gol tambahan melalui kaki Sergio Ramos dan Markel Suaseta. Pada menit ke-82, tendangan bebas Ramos menghunjam deras jala Panama tanpa bisa dihentikan Penedo. Dua menit berselang, Susaeta dengan mudah menambah gol Spanyol setelah menerima umpan Jesus Navas.

Panama mendapat gol hiburan pada menit ke-87. Nelson Barahona dijatuhkan Cesc Fabregas di dalam kotak penalti. Gabriel Gomez yang menjadi algojo sukses mengelabui Iker Casillas dengan tendangan penalti yang pertama kondang dipopulerkan Antonin Panenka dan membuat Ceko sukses melibas Jerman di final Euro 1976. Hingga bubaran, skor 5-1 bertahan untuk kemenangan Spanyol.(**)