Tundukkan Nigeria 3-0, Spanyol Bertemu Italia di Semifinal

spanyol vs nigeriaSpanyol tampil sempurna di Grup B Piala Konfederasi. Mereka mengumpulkan nilai 9 dari tiga laga, setelah menghajar Nigeria 3-0 lewat gol Jordi Alba dan Fernando Torres satu gol. Di semifinal, Spanyol bakal ditantang Italia yang menjadi runner-up Grup A.

Spanyol langsung mengacam di menit pertama melalui Andres Iniesta yang merangsek ke kotak penalti lawan, namun tembakannya masih dapat dibendung Enyeama. Tak butuh waktu lama untuk Spanyol menjebol gawang Nigeria, karena pada menit ke-3 Jordi Alba mencetak gol untuk keunggulan Spanyol setelah menerima umpan dari Iniesta. Melewati beberapa pemain Nigeria, bek Barcelona ini melepaskan tembakan dari area kotak penalti lawan dan menaklukkan Enyeama.

Nigeria sempat mengancam melalui beberapa peluang mereka, namun penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka kesulitan menyamakan kedudukan. Salah satunya pada menit ke-19 melalui tendangan Sunday Mba, namun masih dapat diblok oleh Victor Valdes. Menit 28, ganti Joseph Akpala yang nyaris menjebol gawang Valdes melalui sundulannya.

Spanyol nyaris menambah keunggulan di menit ke-38. Tembakan Roberto Soldado membentur tiang gawang Nigeria, namun Fabregas yang berusaha menangkap bola pantulan gagal memanfaatkan peluang tersebut. Di babak tambahan Sergio Ramos pun menciptakan peluang namun sundulannya masih mampu ditahan oleh kiper Nigeria.

DI babak kedua, Spanyol melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Torres menggantikan Soldado. Hasilnya terbukti positif, hanya berselang beberapa menit dari pergantian pemain, Torres mencetak gol lewat sundulan berkat umpan Pedro di menit ke-62. Torres nyaris menambah pundi golnya namun tendanganny di menit 65 masih melambung jauh di atas gawang Enyeama. Gamboa nyaris memperkecil ketinggalan saat melepaskan tembakan kaki kiri namun bola hanya melebar ke sisi kanan gawang Valdes.

Jordi Alba kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-88 lewat gol solo-runnya menaklukkan Enyeama setelah mendapat umpan dari David Villa. Villa mendapat kesempatan memperbesar kemenangan La Furia Roja di babak injury time namun Enyeama masih mampu menyelamatkan gawangnya. Namun hingga pertandingan berakhir Nigeria tak mencetak satu gol pun.

Kemenangan ini memastikan Spanyol memuncaki Grup B dengan poin sempurna 9 dari tiga kemenangan. Sementara Nigeria harus pulang dengan tangan hampa karena posisi kedua ditempati oleh Uruguay yang menggasak Tahiti 5-0.

Susunan Pemain
Nigeria: 1-Vincent Enyeama, 2-Godfrey Oboabona, 3-Uwa Echiejile, 5-Efe Ambrose, 7-Ahmed Musa, 8-Brown Ideye, 9-Joseph Akpala (11-Mohammed Gambo, ’71) , 10-John Obi Mikel, 13-Fegor Ogude, 19-Sunday Mba (4-John Ogochukwu Ogu, ’63), 22-Kenneth Omeruo (6 Azubuike Egwueke, 11)

Spanyol: 12- Victor Valdes, 3-Gerard Pique, 6-Andres Iniesta, 8-Xavi Hernandez, 10-Cesc Fabregas (21 David Silva, ’54), 11-Pedro (7 David Villa, 75′), 14-Roberto Soldado (9-Fernando Torres, ’59), 15-Sergio Ramos, 16-Sergio Busquets, 17-Alvaro Arbeloa, 18-Jordi Alba

Wasit: Joel Aguolar (Slovakia)