Tundukkan Armenia, Italia Puncaki Grup B Zona Eropa

Sempat keteteran di paruh pertama, Italia akhirnya menaklukkan tuan rumah Armenia di Stadion Hrazdan, Sabtu (13/10) dini hari WIB.  Kemenangan bermarjin 3-1 itu membuat Italia nyaman di puncak klasemen sementara Grup B Zona Eropa Pra-Piala Dunia 2012. Armada Cesare Prandelli menghimpun tujuh poin, unggul atas sang runner-up, Ceko, yang baru mengumpulkan empat angka. Sedang Armenia berada di peringkat empat dengan mengais tiga poin.

Setelah wasit Marijo Strahonja meniupkan peluitkick-off, kedua tim langsung saling merangsek ke pertahanan lawan.

Di menit kelima, “Gli Azzurri” mendapat peluang di depan kotak penalti Armenia. Andrea Pirlo melepaskan sepakan terarah, namun serangan tersebut masih dapat dikuasai kiper Roman Berezovsky.

Pada menit ke-7, Italia berhasil unggul. Diawali serbuan Riccardo Montolivo, bola yang dicongkel pemain AC Milan tersebut mengenai tangan Hrayr Mkoyan. Pemain Armenia itu akhirnya dihadiahi kartu kuning dan Armenia dan Italia mendapatkan hadiah finalti. Kali ini, Pirlo sukses menjadi algojo dan mampu memperdaya Berezovsky kipper Armenia, 1-0.

Armenia tak tinggal diam. Tuan rumah membuat ribuan pendukungnya bersorak, ketika aksi solo-run Henrikh Mkhitarian mengelabui penjaga gawang sekaligus kapten tim Italia, Gianluigi Buffon. Skor imbang 1-1 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Italia mulai menguasai pertandingan. Meski minim peluang, Italia akhirnya  berhasil unggul 2-1 pada menit ke-64. Kali ini, gelandang AS Roma, Daniele De Rossi, yang menjebol jala Berezovsky.  Gol tercipta usai Dr Rossi menyambut crossing Pirlo dari sayap kanan. Kemudian ia melepaskan tandukan mengarah ke gawang dan tidak mampu dijangkau kiper Armenia.

Tandukan kembali mewarnai pertandingan dan memastikan kemenangan Italia di Yerevan. Sembilan menit sebelum waktu normal pungkas, pemain Roma lainnya, Pablo Daniel Osvaldo, memperdaya Berezovsky dengan sundulan jarak enam meter dari batas gawang, 3-0, Gol ini memanfaatkan assist kawan seklubnya, De Rossi.(**)