Tukin ASN Kemenag Naik

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Kementerian Agama. Bersamaan dengan Hari Amal Bakti ke- 73, Kemenag menaikkan Tunjangan Kinerja (Tukin) ASN dari 60 persen menjadi 80 persen. Hal ini diungkapkan Kakanwil Kemenag Bengkulu, Drs. H Bustasar MS M.Pd usai upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 di MAN 2 Kota Bengkulu, kemarin.

Dikatakan Bustasar, proses pengajuan kenaikan tukin sebagai reward atas prestasi ASN akan diterima pada trimester pertama tahun ini.  “Insya Allah nanti bulan Mei tahun 2019 akan dirapel dan akan dibayarkan sekitar 70-80 persen,” katanya.

Penilaian tukin sudah diusulkan dan langsung dilakukan oleh Menteri PAN RB, dan pembayarannya telah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan RI.  Besaran tukin ASN Kemenag ini bervariasi, Bustasar tak menjabarkan lebih detail berapa anggaran dan besaran setiap eselon yang akan diterima.  “Kita sudah usulkan daftar kehadiran dan juga hasil kinerja ASN, hasilnya antar eselon pasti beda, begitu surat PMA keluar segera dibayarkan,” imbuh Bustasar.

Ia berharap dengan penambahan tunjangan kinerja ini, maka dibarengi dengan keteguhan hati dan kinerja yang meningkat selaras dengan peningkatan kesejahteraan.  “Dengan kenaikan tukin ini, maka ASN di bawah Kementerian Agama semakin sejahtera,” beber mantan Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Utara ini.

Bustasar pun mengungkapkan rasa kecewa pada ASN yang telat dalam upacara HAB ke-73. Menurutnya, apa yang dilakukan ASN itu kurang loyalitas terhadap institusinya.  “Ini bentuk tidak peduli pada institusi. Ini pembelajaran akan terus diberikan, bagi yg tidak peduli akan diambil sikap, dan akan dievaluasi,” tukasnya. (247)