Tukang Terampil Dibimtek

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada para tenaga tukang terampil (ahli besi) dari berbagai desa se-Kabupaten Benteng. Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Benteng, Drs H Rachmat Rianto ST yang diwakili oleh Sekretaris Dinas PUPR Benteng, Drs Sudiro SSos.

Dalam kesempatan itu, Sudiro mengatakan, bimtek bagi para tukang bertujuan untuk menambah wawasan dan pemahaman para tukang dalam menjalankan profesi.”Melalui bimtek ini, para tukang diberikan pemahaman secara teori ataupun praktik lapangan. Pasca dibimtek, diharapkan para tukang yang ada di Kabupaten Benteng bisa lebih terampil dan profesional. Terutama dalam ahli besi,” ujar Sudiro.

Sementara itu, Kabid Jasa dan Konstruksi (Jakon) Dinas PUPR Kabupaten Benteng, Edwar Noprin SSos menegaskan, bimtek tenaga tukang terampil ini akan dilaksanakan selama 2 hari. Bimtek merupakan salah satu momentum yang dilakukan untuk menguji keterampilan para tukang sebelum akhirnya diberikan sertifikat tukang.

Pada hari pertama, terang Edward, para tukang akan diberikan pembekalan dan pemahaman secara teori. Selanjutnya, para tukang akan diuji kemampuan mereka dengan menggunakan barang material yang telah disiapkan oleh Dinas PUPR Kabupaten Benteng.



“Sebelumnya, Dinas PUPR sudah menyalurkan 30 sertifikat kepada tukang terampil. Pada tahun ini, tercatat sebanyak 30 orang peserta sebagai peserta dan akan diuji kemampuannya,” papar Edward.

Lebih lanjut, Edward menyampaikan, sertifikat merupakan salah satu bukti bahwa tukang telah memiliki kemampuan yang tak diragukan. “Dengan mengantongi sertifikat, para tukang bisa mendapat perlakuan berbeda dari perusahaan konstruksi yang memperkerjakan mereka. Gaji yang akan diberikan tentunya berbeda dengan tukang yang belum bersertifikat,” pungkas Edward.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*