Tujuh Rumah Terendam Dinsos Salurkan Bantuan

Mukomuko
Bakti/Bengkulu Ekspress. TERGENANG : Banjir di Desa Siodadi, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Benteng, Selasa (7/3).

Tampak Kepala Dinsos Benteng, Hasan Basri SSos  menyerahkan bantuan kepada warga yang terkena banjir.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Luapan air Sungai Bajak di Desa Sodidadi, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengakibatkan sedikitnya 7 rumah setempat digenangi air sekitar pukul 04.30 WIB, Selasa (7/3).

Rumah yang terencam itu milik Sidun, Supar, Fahrudin, Tarman, Sakimin, Parno dan Riani. Beruntung luapan air cepat menyusut  sehingga tidak menimbulkan kerugian terlalu banyak.

Ditemui di lokasi kejadian, salah seorang warga setempat, Priyatin menjelaskan banjir tersebut terjadi akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut sejak Senin (6/3) malam. Akibatnya, aliran sungai yang kecil tidak mampu menahan debit air yang berasal dari hulu sungai.

“Hujan kali ini sudah hampir mengenangi sebagian besar rumah warga yang berlokasi di dataran rendah dan tak jauh dari aliran sungai. Jika dihitung, ada sekitar 7 rumah yang digenangi air,” ungkap Priyatin.

Dijelaskan Priyatin, bencana banjir di kawasan tersebut sudah menjadi langganan setiap  musim penghujan tiba. “Banjir memang sering terjadi. Akan tetapi, jika hujan berhenti, airnya juga sangat cepat menyusut,” imbuh Priyatin.

Selain menganggu kenyamanan warga, banjir di Desa Sidodadi juga sempat mengganggu akses lalu lintas di jalan raya. Bahkan beberapa ruas jalan terpaksa tak bisa dilewati akibat tergenang air.

“Pagi tadi jalan ini tidak bisa dilintasi akibat banjir yang mencapai 1 meter. Jalan baru bisa dilewati sepeda motor pada pukul 10.00 WIB,” kata Tamri (23), warga Desa Talang Boseng, Kecamatan Pondok Kelapa saat hendak mengangkut padi dari Desa Sidodadi.

Mengetahui bencana ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Benteng langsung terjun ke lokasi banjir untuk melakukan pemantauan dan memberikan bantuan berupa tenda gulung, selimut, tikar dan pakaian anak-anak.

“Meskipun tidak begitu banyak membantu. Apa yang diberikan diharapkan bisa sedikit meringankan beban warga yang tengah dilanda banjir,” kata Kepala Dinsos Benteng, Hasan Basri SSos, kemarin.(135)