Tujuh Pelajar Bengkulu Juara GEN Kihajar Terbaik Nasional

Grafis Pemenang 

Kategori Video STEAM Kihajar
Juara 3. Nasya Kenzia Syaira Alifa SMPN 1 Bengkulu

Kategori 10 Kihajar STEAM 2020

1. SD
Juara Nama Asal Sekolah
Juara I Anjalu Hafidz Alfarobi SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu
Juara 2 Raihan Adhib Muzhaffar SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu
juara 3 M Parel Habiburrahman SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu
Juara 4 M Abror Hadi Ramadhan SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu
Harapan 2 Muhammad Ilham Yose Pratama SDN 08 Kota Bengkulu
Harapan 3 Zakira Kirani SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu

2. SMA
Juara Nama Asal Sekolah
Juara I Nasywa Dwiammara SMAN 5 Kota Bengkulu

 

BENGKULU, BE – Pandemi covid-19 tidak menyurutkan semangat para pelajar asal Bengkulu dalam mengukir prestasi. Terbukti dari kompetisi GEN Kihajar tahun 2020 tingkat nasional, yang dilakukan dari rumah. Pada lomba ini 7 pelajar Bengkulu, berhasil meraih predikat terbaik nasional.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bengkulu Drs Eri Yulian Hidayat MPd melalui Kasi TIK PIK Dikbud Provinsi Bengkulu Soptriana Herti MPd, mengucap rasa syukur pasalnya pada pengumuman pemenang pelajar provinsi Bengkulu, menunjukkan prestasi yang luar biasa. Walau belum didukung dengan anggaran pembinaan, namun kemauan para peserta dalam kompetisi ini setiap tahunnya terus membaik.

“Ada tujuh pemenang dari provinsi Bengkulu, prestasi ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Harapannya kedepan ada dukungan anggaran untuk pembinaannya,” bebernya

Tujuh pelajar tersebut, dari 5 siswa SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu, 1 Siswa SDN 8 Kota Bengkulu dan 1 dari SMAN 5 Kota Bengkulu. Pengumuman pemenang dilakukan pada 12 Oktober lalu melalui canel tvedukasi Kemdikbud.
Seperti diketahui, rangkaian pelaksanaan Kihajar STEAM tahun 2020, dimulai sejak 9 Agustus 2020 dan berakhir 4 oktober 2020 dan pemenang diumumkan pada 12 Oktober 2020.

Menariknya, dari terbaik dimasing-masing jenjang, pelajar Bengkulu tingkat SD nyaris menyapu bersih 10 terbaik STEAM Kihajar. Ada 6 pelajar asal Bengkulu yang bertengger diposisi 10 terbaik nasiobal. Lima siswa dari SDIT IQRA’ 2 dan satu dari SDN 8 kota Bengkulu. Sementara tingkat SMP disumbang pada kategori Video STEAM Kihajar tingkat SMP dan tingkat SMA kategori Steam Kihajar.

Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu Bermansyah MPd saat dikonfirmasi mengucap rasa syukur atas prestasi peserta didiknya. Telah mampu mengharumkan nama sekolah dan nama Provinsi Bengkulu.

“Selama pelaksanaan kompetisi, kita dan guru pembimbing terus memberikan pendampingan. Alhamdulillah, hasilnya menjadikan siswi kita juara 1 nasional,” terangnya.

Perolehan prestasi ini diharapkan menjadi lecutan bagi peserta didik lainnya. Pasalnya, walau pembelajaran daring para siswa tersebut tetap bisa berkarya dan berprestasi.

Nasywa Dwiammara, siswa yang saat ini duduk dibangku kelas XI IPA. Ia siswa yang dikenal ulet, Diketahui ia pernah mengikuti Lomba Kihajar sejak duduk dibangku Sekolah Dasar, namun baru kali ini berhasil menyabet predikat terbaik nasional.

”Sebagai bentuk penghargaan, sekolah memberikan reward. Kita akan berikan apresiasi sebagai reward bagi siswa yang telah mengharumkan nama sekolah dan provinsi Bengkulu, bentuknya bisa dalam bentuk beasiswa maupun benda,” jelasnya.

Seperti diketahui, Lomba Kijahar ini diikuti 64.555 peserta. Tingkat SD/MI 12.023 peserta, 29.034 peserta SMP, 17.577 peserta SMA/MA dan SMK/MAK 5.921, dengan total peserta dalam negeri diikuti 63.635, kemudian peserta dari luar negeri 920 orang. Dari ribuan peserta hanya diambil 40 peserta terbaik dari tiap jenjang. GEN kihajar mengikuti tahapan mulai dari kihajar basic, naik ke level 2 Kihajar Intermediate dan melanjutkan kelevel 3 kihajar Advance dan final.

Para peserta diajak untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memiliki kompetisi abad 21 dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis science, tecknology engeneering and mathematics (STEAM)

Dalam pelaksanaan Kihajar STEAM peserta wajin membuat karya video berbasis steam dan menyelesaikan tugas akademis menggunakan aplikasi secara daring. Video terbaik sebanyak 276. Komposisi penilaian 60 persen dari kompetisi akademik dan 40 persen karya video STEAM. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*