Tugu Pasar Kepahiang Dipercantik

Foto : Ist

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kepahiang mencanangkan perbaikan bangunan drainase di seputaran Tugu Pasar Kepahiang. Selain itu, juga melanjutkan pembangunan item-item pendukung keindahan di pusat kota yang berada diantara bangunan Pasar Kepahiang dan taman kota (Tamkot) Santoso tersebut.

Plt Kepala Dinas PU Kepahiang, Rudy Andi Sihaloho ST menjelaskan, pembangunan kawasan tamkot Santoso, tugu pasar dan bangunan toko sepanjang Pasar Kepahiang menjadi agenda pihaknya di tahun 2020. Agar perwajaan pusat kota Kepahiang bisa memiliki keindahan yang dapat menimbulkan kesan menarik bagi masyarakat melintas, terutama warga dari berbagai kota besar di kawasan Provinsi Sumatera Selatan.

“Itu Pasar Kepahiang merupakan jalan lintas, tentu banyak pengguna jalan yang melintas, maka sudah seharusnya kawasan itu jadi taman rekreasi,” ungkap Rudy.

Ia mengatakan, sesuai dengan perencanaan pembangunan daerah, kawasan tugu pasar Kepahiang dan tamkot Santoso sudah menjadi kawasan terintegritas. Sehingga sarana prasarana akan saling terkoneksi, agar kawasan itu bisa menjadi daerah kawasan bersantai dan berolahraga bagi masyarakat. “Itu tujuan pemerintah, yang jelas disana kewenangan berada di lintas OPD, kalau PU ada tugu dan pasarnya, sementara Tamkot ada ditangan Disparpora,” tutur Rudy.

Tahun 2019 ini Dinas PU Kepahiang sudah menggelontorkan anggaran Rp 5 miliar untuk membangun tugu Pasar Kepahiang. Tugu baru tersebut dibuat dengan menampilkan maskot buah kopi yang menjadi tanaman indemik di Kabupaten Kepahiang. Sehingga memiliki daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung di Bumi Sehasen tersebut. (320)