Tugu Kopi Ikon Baru

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Jika terealiasasi dengan baik, maka tahun 2020 Kabupaten Kepahiang memiliki ikon baru. Yakni tugu kopi yang akan dibangun megah di kawasan pusat kota Pasar Kepahiang yang ditargetkan tuntas di akhir tahun ini. Sehingga dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kepahiang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang merombak besar-besaran tugu Pasar Kepahiang. Ikon Kepahiang yang berada tepat di pertengahan pusat perkotaan tersebut akan dipugar secara keseluruhan. Kemudian akan dibangun baru untuk menjadi ciri khas Kabupaten Kepahiang.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kepahiang, Rudy Silaloho ST mengatakan, konsep pembangunan tugu baru memasukan unsur ciri khas Kepahiang, yakni kopi.  “Dibuat ikon kopi nanti, selain itu ada juga tamannya,” ujar Rudy.



Jumlah anggaran yang sudah disiapkan untuk pembangunan tugu tersebut senilai Rp 5 Miliar dari APBD. Karena konsep pembangunan tugu ini dipastikan ada pelebaran, selain itu nantinya yang mengelilingi tugu tersebut air mancur.

Pembangunan tugu yang berada di pusat kota sekitar taman Santoso itu rencananya akan berjalan dalam waktu dekat ini. Namun ia belum bisa memastikan kapan kepastian pembangunan tugu tersebut.  “Intinya dalam pembangunan tugu tersebut direalisasikan tahun 2019 ini. Pastinya sebelum dibangun nantinya tugu yang lama terlebih dahulu akan dibongkar, dan juga ada pelebaran di kawasan tugu tersebut,” ungkap Rudy Silaloho. (320)