Truck BB Masih Bandel

TALANG EMPAT, BE – Bupati Bengkulu Tengah, Ferry ramli SH, berulang kali menegaskan truk batu bara harus menggunakan terpal penutup. Namun instruksi ini masih diabaikan para sopir truk batubara. Masih ada truk batubara membandel tidak menggunakan terpal saat melintas di jalan raya. Aktifitas truk batubara ini menuai protes masyarakat. Karena menimbulkan debu yang berterbangan, yang sangat menganggu. Debu membuat rumah warga kotor dan menyebabkan penyakit sesak napas.

“Sudah berulang kali kita memblokir jalan, namun nampkanya tidak juga membawa hasil.  Kita mendesak pemerintah bertindak mengatasi masalah truk batubara ini,” ungkap Ramadhan warga Jayakarta.

Terkait masalah ini petugas Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Pariwisata telah berulang kali melakukan razia. Namun Dishub tidak bisa memberikan sanksi tilang, seperti yang diinstruksikan Bupati. Sebab pemberian tilang itu wewenang polisi. , Kadishubkominfopar Benteng, H Budiman Efdi SE MM menuturkan, “Imbauan sudah kita sampaikan kepada para pengusaha batubara. Walaupun masih minim beberapa truk batubara sudah menggunakan penutup. ”

Dilanjutkan Budiman, lalu lintas di Kabupaten Bengkulu Tengah, banyak didominasi oleh truk batubara. Yang mengangkut hasil tambang batubara dari Benteng menuju menuju dermaga Pulau Baai. (160)