Travel Ilegal Menjamur

AIR BESI, BE – Kendaraan umum ilegal dengan modus travel plat hitam di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) selama lebaran menjamur. Hal tersebut membuat instansi terkait menjadi kewalahan. Bahkan, penjagaan Pos pengamanan (Pospam) harus ekstra waspada dengan konsisi jumlah travel yang meningkat itu.
Diakui Kapolres BU AKBP Ahmad Tarmizi SH melalui Kapolsek Air Besi Ipda Darlan, kendaraan travel tahun ini meningkat dari jumlah sebelumnya. Jika sebelumnya banyak pemudik maupun warga menggunakan kendaraaan roda dua, untuk tahun ini diakui Kapolsek banyak kendaraan mobil luar provinsi. “Kalau travel banyak sekali, dibandingkan tahun lalu kendaraan roda dua yang paling banyak, kali ini dari pantauan Pospam kendaraan mobil luar provinsi paling banyak, meski demikian alhamdulillah kondisi aman,” jelasnya.
Sementara itu, Kadishubkominfo Kabupaten BU M Akip mengatakan, travel yang masuk ke BU sudah tak terdata lagi karena memang travel sudah sangat banyak. Yakni travel asal Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Jambi. Kalaupun dilakukan razia banyak ditemukan data travel yang tidak memiliki izin sehingga pihaknya hanya mmebrikan teguran untuk segera mengurus izin. Dia mengungkapkan, pihaknya mengharapkan pemerintah provinsi untuk segera menyikapi banyaknya travel masuk bebas secara ilegal itu. “Untuk jumlah travel ini banyak sekali sampai tidak terdata lagi, diharakan pemeritnah provinsi menyikapi hal ini sehingga bisa diketahui pasti dengan jelas mana kendaraan yang digunakan pribadi dan travel, kita selaku dinas berwenang tidak bisa melakukan penilangan ataupun penahanan hanya memberikan teguran saja untuk kepengurusan izin usaa travel,” demikian Akip. (117)