Transmigran Enggano Ditambah

foto peta pulau enggano.ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bengkulu Utara berencana kembali menambah 50 Kepala Keluarga (KK) transmigran di Kecamatan Enggno. Tahun 2015 Disnakertrans sukses menempatkan 100 KK di Desa Malakoni berasal dari Pulau Jawa dan penduduk lokal.

“Tahun ini kita persiapkan 50 KK untuk ditempatkan di Kecamatan Enggano. Tahun lalu sudah ada 100 KK yang menempati lokasi transmigrasi di Desa Malakoni,” jelas Kepala Disnakertrans Bengkulu Utara, Drs Fahrudin.

Pembukaan peluang transmigran ini berdasarkan himbauan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang membuka peluang bagi 6.079 Kepala Keluarga (KK) mengikuti program transmigrasi tahun 2016. Tentunya jumlah tersebut termasuk Kabupaten Bengkulu Utara. Saat ini Disnaker sedang mempersiapkan pembangunan 50 rumah di lokasi transmigrasi.

“Saat ini kami masih dalam tahap pembangunan 50 rumah untuk transmigran,” imbuh Fahrudin.

Fahrudin meyakini program transmigrasi di daerah bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal membuka kawasan ekonomi baru di lokasi Transmigrasi. Karena warga pendatang bisa berinteraksi dengan masyarakat asli, berbagi pengalaman.

“Bukan tidak mungkin kurun waktu beberapa tahun lagi ekonomi di enggano semakin menggeliat. Karena adanya program transmigrasi ini,” terang Fahrudin.
Karena warga transmigran mendapatkan bantuan rumah dengan fasilitas kamar mandi, air bersih dan pekarangan serta kebun pemerintah mengharapkan kerja sama agar merawat baik-baik apa yang sudah diberikan. Warga transmigran selama satu tahun juga mendapat jatah hidup bahan pokok dan non pokok.

“Sebenarnya mereka tinggal merawat, karena jika dirawat baik-baik mendapatkan sertifikat hak atas lahan dan kebun lebih mudah nantinya,” demikian Fahrudin.(167)