Tranformasi Lelang di Era Digital

KEPALA KPKNL : TREDI HADIANSYAH
KEPALA KPKNL : TREDI HADIANSYAH

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sebagai upaya untuk ikut serta dalam perhelatan peringatan pekan 110 tahun lelang Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu akan menggelar kegiatan dengan tema

“Tranformasi Lelang di Era Digital dan Peranannya dalam Penyelesaian Kredit Macet Perbankan”. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Rabu (28/2) di kantor KPKNL Bengkulu.

Kepala KPKNL Bengkulu, Tredi Hadiansyah didampingi Kasi Hukum dan Informasi serta Kasi Kepatuhan Internal bahwa langkah penyelamatan kredit melalui eksekusi agunan dengan cara lelang pada KPKNL menjadi pilihan utama yang umum ditempuh apabila langkah penyelamatan damai telah gagal. Selain itu, upaya lelang juga dapat menjadi shock therapy pada para debitur yang sengaja menunggak.

Selain itu, dalam kegiatan 110 tahun lelang Indonesia tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat terkait pelayanan lelang secara umum, memberikan informasi yang memadai mengenai keunggulan sistem penjualan lelang dibandingkan dengan sistem penjualan konvensional, meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat untuk membeli atau menjual mellaui lelang, kemudian memperkenalkan kemudahan mengikuti lelang melalui internet (e-Auction) kepada masyarakat. “Tujuannya juga untuk mempererat koordinasi antara KPKNL dengan para stakeholder pengguna jasa lelang KPKNL Bengkulu,” kata Tredi.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan talk show, sosialisasi dan simulasi pelaksanaan lelang.

Dijelaskannya, saat ini dengan pelaksanaan lelang secara e-Auction tentunya banyak memiliki keunggulan dibandingkan dengan lelang konvensional. Dimana keunggulan lelang e-Auction antara lain efisien (dapat menawar darimana saja, berbasis web, mudah, cepat), terbentuk harga yang optimal (kompetitif) dan bebas tanpa tekanan dan memberi keadilan. “e-Auction merupakan terobosan baru dan salah satu layanan unggulan dari Kementerian Keuangan. Oleh karena itu KPKNL Bengkulu mengajak Satker untuk bersama-sama menyebarluaskan informasi agar e-Auction bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik,” jelas Tredi.

Kemudian, lanjutnya, dengan adanya e-Auction ini transparansi pelaksanaan lelang betul-betul dilakuan karena semuanya menggunakan internet, mulai dari pengumuman hingga pengumuman pemenang lelang. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui pengumuman lelang saat ini bisa mengakses melalui situs www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id. “Kalau kemarin pengumuman menggunakan lelang dan penjual dan pembeli bertemu di satu tempat. Nah dengan lelang online ini pembeli hanya cukup menyetorkan uang jaminan ke Bank, lalu dilakukan penawaran yang bisa dilakukan menggunakan handphone atau komputer,” pungkasnya.(777)