Tradisi Lanal Bengkulu Tabur Bunga di TMP Tiap Peringati HUT TNI AL

FOTO IST/ Danlanal Bengkulu dan jajaran Lanal Bengkulu saat melakukan tabur bunga serta ziarah di Taman Makam Pahlawan, Jumat (4/12)

BENGKULU, bengkukuekspress.com – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Armada Republik Indonesia, Prajurit Lanal Bengkulu yang dipimpin oleh Komandan Pangkalan TNI AL Bengkulu (Danlanal) Letkol Laut (P) Yudi Ardian didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab II DJA I Ny Merlin Yudi Ardian melaksanakan ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar Kota Bengkulu, Jumat (4/12).

Kegiatan Ziarah ke TMP Balai Buntar Bengkulu ini seperti menjadi tradisi dikala TNI AL memperingati hari jadinya. Hal tersebut dilakukan karena Lanal Bengkulu begitu menghormati pahlawan-pahlawan terdahulu yang berjuang dalam memerdekakan Republik Indonesia. Meski dimasa pandemi, kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ziarah selalu diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan, mengheningkan cipta mengenang jasa-jasa pahlawan serta dilanjutkan tabur bunga para Prajurit Lanal Bengkulu yang didahului peletakan karangan bunga oleh Komandan Lanal Bengkulu di tugu Monumen TMP Balai Buntar. Peringatan HUT ke-75 Armada RI Tahun 2020 kali ini mengusung tema ‘Jaya di Samudera Untuk Indonesia Maju’.

“Kami melaksanakan upacara dan ziarah serta tabur bunga di TMP Balai Buntar sebagai tanda penghargaan dan penghormatan atas perjuangan para pahlawan,” kata Danlanal.

Rangkaian Kegiatan dilanjutkan dengan anjangsana ke Panti Asuhan Yatim Piatu Bina Insani di Jalan Simpang Kandis Raya nomor 03, RT 20/001 Kota Bengkulu dengan tujuan penyerahan simbolis tali asih dari Lanal Bengkulu kepada anak-anak yatim piatu didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab II DJA I Ny Merlin Yudi Ardian.

“Saya dan seluruh Prajurit Lanal Bengkulu berharap kalian semua kelak menjadi orang berguna bagi bangsa dan negara Indonesia. Semoga diantara kalian juga ada yang menjadi prajurit TNI AL saat besar nanti. Tapi harap diingat itu semua dapat diwujudkan jika kalian selalu semangat dan rajin belajar,” ungkap Danlanal Bengkulu kepada anak-anak panti. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*