TPS di Lebong Berkurang 1

Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr SE

LEBONG, bengkuluekspress.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong akan mendirikan sebanyak 222 TPS dari rencana awal sebanyak 223 TPS, sehingga berkurang 1 TPS.
Ketua KPU Kabupaten Lebong, Shalahuddin Al Khidhr SE menjelaskan, untuk penggabungan TPS terjadi di Desa Blau Kecamatan Pelabai yang awalnya memiliki 2 TPS, namun digabung menjadi 1 TPS, karena pengurangan jumlah pemilih.
“Karena jumlah pemilih sedikit, maka TPS kita buat hanya ada 1 saja untuk Desa Blau,” sampainya, Selasa (06/10).

Hal ini berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Dimana pada awalnya untuk TPS 01 ada sebanyak 310 orang pemilih dan TPS 02 ada sebanyak 303 orang pemilih. Akan tetapi dari hasil coklit didapati bahwa untuk TPS 02 hanya ditemukan sebanyak 4 orang pemilih dan sisanya sebanyak 229 orang tidak ditemukan.
“Untuk itulah hasil tersebut langsung kita koordinasikan ke kepala desa serta tokoh masyarakat setempat,” ujarnya.

Selain menyampaikan kepada pemdes dan tokoh masyarakat, terkait berkurangnya jumlah pemilih untuk TPS 02 di Desa Blau. Kemudian juga disampaikan kepada Dians Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan diketahui bahwa ada sebanyak 67 orang sudah pindah keluar Kabupaten Lebong dan 19 orang pindah dalam wilayah Kabupaten Lebong.
“Berarti ada sebanyak 86 orang yang pindah,” sampainya.

Sementara untuk sisanya sebanyak 213 orang diketahui mereka tinggal di desa-desa eks Padang Bano (saat ini masuk wilayah Bengkulu Utara). Untuk itulah, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak KPU Bengkulu Utara dan hasilnya didapat dari total 213 orang, hanya 8 orang yang masih ingin memilih di Kabupaten Lebong.
“Itu hasil koordinasi kita dengan KPU Bengkulu Utara,” ujarnya.

Ia menyampaikan, kepada 8 warga yang masih ingin memilih di Kabupaten Lebong, untuk segera mengurus administrasi kependudukannya di Dukcapil Lebong, agar nantinya bisa diakomodir kedalam data pemilih Kabupaten Lebong.
“Kemudian 213 orang lainnya dilakukan koordinasi ke KPU Bengkulu Utara. Hasilnya diketahui hanya ada 8 orang yang masih ingin memilih di Kabupaten Lebong, ” lanjutnya.
(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*