TPA Sampah Diperluas 5 Hektare

TPA AIr sebakul
Foto : Ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu sebelumnya sudah memprediksi bahwa kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di air sebakul, tidak akan mampu menampung sampah lagi hingga beberapa bulan kedepan. Hal ini dikarenakan, jumlah sampah yang terus bertambah namun kurangnya lahan yang tersedia.Mengantisipasi persoalan ini, Kepala DLH kota, Syarnubi SE telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 5 miliar, untuk memperluas lahan TPA tersebut.

” Kita sudah usulkan dana di tahun 2019 mendatang, sebagai upaya perluasan lahan TPA sebanyak 5 hektare,” katanya, kemarin (12/8).

Untuk diketahui, hari biasa kapasitas sampah di Kota Bengkulu mencapai 380-450 meter kubik, namun jika menjelang hari-hari besar jumlah sampah ini meningkat hingga 2 kali lipat, belum lagi ditambah sampah-sampah yang dipungut dari TPS liar dan LPM.

Syarnubi juga mengatakan pihaknya telah menargetkan perluasan lahan tersebut akan selesai di tahun yang akan datang. Dan dengan lahan seluas 5 hektar itu akan mampu menampung sampah selama 20 tahun kedepan.

“Kita sudah mulai melakukan pendekatan persuasif dengan warga sekitar dan pemilik lahan agar rencana tersebut ssegera terealisasi,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Pengolahan sampah dan B3 DLH kota, Rusman Effensi SSTP MSi menambahkan bahwa selain kekurangan lahan, pihaknya juga kekurangan peralatan pengolahan sampah TPA air sebakul tersebut, saat ini hanya beroperasi 3 unit alat berat. Sedangkan kuota sampah yang masuk ke TPA mencapai 380-450 meter kubik per hari.

” Kalau untuk skala kota, minimal kita harus punya 5 alat berat di TPA. Ditambah lagi dengan SDM/operator yang menjalankan alat itu. Belum lagi harus diimbangi dengan biaya perawatan, itulah kenapa di Bengkulu ini tidak imbang, kita terus membangun tapi tidak kita imbangi dengan kebutuhan lainnya,” imbuh Rusman. (805)