TP PKK Rejang Lebong Komitmen Bangkitkan Posyandu

Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Hartini Syamsul.

 

CURUP,bengkuluekspress..com– Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat hingga tingkat desa dan kelurahan. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Rejang Lebong berkomitmen membangkitkan kegiat Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).
“Kedepan TP PKK Kabupaten Rejang Lebong akan berkomitmen mambangkitkan Posyandu di Rejang Lebong ini,” sampai Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Hartini Syamsul.

Dijelaskan Hartini yang merupakan istri dari Bupati Rejang Lebong, Drs Syamsul Effendi MM tersebut, Posyandu menjadi salah satu fokus dari TP PKK Kabupaten Rejang Lebong karena menurutnya Posyandu merupakan salah satu garda terdepan sekaligus penggerak dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.
Selain itu, ia juga mengatakan bahwa, Posyandu merupakan salu satu upaya PKK dalam mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dalam rangka mewujudkan Rejang Lebong Bercayaha untuk semua.
“Salah satu peran kader PKK adalah meningkatkan pelayanan kesehatan baik untuk ibu maupun anak, itu bisa dilakukan dengan Posyandu,” tambahnya.

Disisi lain, ia juga mengungkapkan dalam hal kesehatan, selain memaksimal Posyandu, TP PKK Kabupaten Rejang Lebong juga akan membantu Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dalam menekan kasus stunting dan Covid-19.
“Tak hanya Posyandu, kita juga akan berkolaborasi dengan pemerintah untuk menekan baik kasus stunting maupun Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong ini,” paparnya.

Sementara itu, Pengurus TP PKK Kabupaten Rejang Lebong Lainnya Desma Heryana menambahkan posyandu merupakan lembaga kemasyarakatan desa sebagaimana termaktub dalam Permendagri nomor 18 tahun 2018. Khusus untuk Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Desma, saat ini Kabupaten Rejang Lebong telah membentuk Pokjanal Posyandu tingkat Kabupaten.
“Pokjanal ini memiliki beberapa tugas diantarannya melakukan pembinaan, advokasi pemantauan hingga evaluasi program,” singkat Desma.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*