Toyota Luncurkan Corolla Generasi Ke-11

Foto ToyotaJAKARTA,BE- PT Astra Toyota Motor hari ini meresmikan diluncurkannya Corolla generasi ke-11. All New Corolla Altis ini hadir dengan tampilan baru yang jauh berbeda dengan pendahulunya.
Direktur TAM Johnny Darmawan mengakui pihaknya sempat setengah-setengah dalam memasarkan Corolla tahun lalu. Hal ini disebabkan konsumen menahan diri untuk membeli Corolla karena mereka sudah tahu akan hadirnya model baru yang jauh lebih baik. “Kamipun akhirnya setengah-setengah menangani pemasarannya dengan artian kita tidak gencar mempromosikan model itu. Namun kini Toyota berkomitmen untuk kembali serius memasarkan Corolla generasi ke-11,” ujar Johnny.
Johnny menambahkan, Corolla kini berani meninggalkan kesan konservatif yang dahulu dikeluhkan konsumen setianya. Alhasil setelah dikembangkan sesuai masukan, sosok kendaraan ini menjadi jauh lebih agresif.
“Generasi ke-11 All New Corolla Altis ini hadir dengan desain Keen Look yang menjadi bahasa desain Toyota yang telah dimulai dari Vios. Penambahan dimensi menghadirkan interior yang lebih lapang dan memberikan kenyamanan bagi penumpang,” ungkapnya.
Menurut Johnny, All New Corolla Altis kini memiliki bodi lebih panjang 80 mm, lebih lebar 15 mm namun lebih rendah sekitar 5 mm dengan tambahan jarak wheelbase 100 mm. Alhasil ruang kaki penumpang belakang juga bertambah 92 mm.
Chief Engineer Toyota Altis Shinichi Yasui dalam presentasinya mengatakan bahwa Corolla Altis baru ini dirancang berdasarkan prinsip ‘Wakudoki’ yang bermakna sangat enak untuk dikendarai sekaligus memberikan rasa aman.
Hal ini diperoleh dari enam poin pengembangan yang dilakukan meliputi desain yang kini lebih berani, interior yang merefleksikan kualitas yang lebih baik, kesenangan mengemudi dari mesin yang responsif dan efisien, efisiensi mengagumkan dari performa CVT yang 7-speed, fitur-fitur fungsional, dan kelengkapan yang disesuaikan kebutuhan pasar.
Sedan dengan volume bagasi 470 liter ini kini hanya ditawarkan dalam satu pilihan mesin yaitu 2ZR-FE Dual VVT-i 1.8 liter bertenaga 151 ps pada 6.400 rpm dengan torsi 190 Nm (14,4 kgm) pada 4.000 rpm.
Sedan ini ditawarkan dalam dua varian yaitu 1.8V A/T dengan transmisi CVT 7-speed Sport Sequential Shiftmatic dengan Paddle Shift dan varian 1.8G M/T bertransmisi manual 6-speed.
Pada varian tertinggi (varian V), All New Corolla Altis dilengkapi lampu utama model proyektor berteknologi LED berikut Day Time Running Light (DRL) dan lampu kabut.
Altis baru ini dilengkapi perangkat rem cakram di bagian depan, sementara bagian belakang masih mengandalkan model drum alias rem teromol, dan sebagai fitur standar, perangkat rem tersebut telah disisipkan sistem ABS-EBD-BA.
Kuda-kudanya ditopang oleh roda berukuran 16 inci pada varian G, sedangkan varian V mengenakan veleg alloy berukuran 17 inci.
Bagian interiornya kini didesain lebih moderen dan berani yang dihadirkan oleh aksen horisontal berwarna silver di bagian dasbor yang memberikan kesal lebih lebar.
Lingkar setirnya dilengkapi setelan maju mundur dan ketinggian sehingga memudahkan pengemudi mendapatkan posisi yang ideal.
Melengkapi kenyamanan interiornya, Altis dilengkapi sistem audio canggih yang dikembangkan khusus pada varian V. Melalui audio dengan layar sentuh 6,95″ ini konsumen dapat menghubungkannya dengan internet, memutar DVD serta tambahan port USB dan AUX, micro SD dan iPod Ready.
Kendaraan yang ditargetkan terjual 2.000 unit tahun ini, dibanderol dengan harga on the road DKI Jakarta Rp372 juta untuk varian G dan Rp407 juta untuk varian V. (net)