Torres Bawa Chelsea Kokoh Diposisi 3 Klasemen

Ketajaman Elnino– julukan Fernando Torres sudah mulai kembali.  Buktinya Torres membawa Chelsea pulang dengan poin penuh dari markas Sunderland, Sabtu (8/12).  Torres memborong dua gol, sedang satu gol tambahan dari Juan Mata.

Sejak wasit Mark Halsey meniup peluit kick-off, Chelsea langsung menggebrak pertahanan Sunderland.

Baru dua menit pertandingan berjalan, umpan manis Juan Mata meloloskan Eden Hazard yang berlari menghindari Sebastian Larsson. Namun, gelandang Belgia itu terjatuh setelah melakukan adu bodi dengan pemain Swedia itu di kotak penalti Sunderland. Bola terlepas dari penguasaan Hazard yang terjatuh dan dihalau Simon Mignolet. Halsey tak memberikan penalti, karena dinilai Hazard tak dilanggar di kotak terlarang.

Empat menit kemudian, Torres nyaris lolos dari jepitan John O’Shea dan Carlos Cuellar. Namun, Mignolet berjibaku dan sukses mementahkan peluang El Nino.

Pada menit ke-11, gawang The Black Cats akhirnya jebol. Berawal dari umpan lambung Hazard, Torres melesakkan bola dengan sepakan first time-nya.

Saat menit ke-19, Chelsea harus kehilangan Oriol Romeu. Ia pun digantikan Oscar, meski sebelumnya Frank Lampard sempat melakukan pemanasan.  Masuknya Oscar memberi sinyal Chelsea ingin memaksakan kemenangan di Stadium of Light, dengan menampilkan total empat gelandang serang, setelah Hazard, Mata, dan Victor Moses sudah tampil lebih dulu di lapangan hijau.

Jelang setengah jam, tepatnya pada menit ke-28, Sunderland justru hampir menyamakan kedudukan. Tembakan keras Stephane Sessegnon dari luar kotak penalti Chelsea, masih dapat diblok Petr Cech.

Enam menit sebelum jeda, Oscar nyaris memperbesar keungguan London Biru, andai tendangan volinya tak mengarah ke sebelah kanan gawang Sunderland.

Beberapa detik sebelum turun minum, Chelsea mendapatkan hadiah penalti, setelah Ramires dilanggar Larsson di ujung pinggir kanan kotak penalti Sunderland. Torres pun sukses mengeksekusi penalti, sekaligus membawa Chelsea unggul dua gol tanpa balas saat babak pertama.

Memasuki babak kedua, Chelsea kembali langsung tancap gas. Baru empat menit babak kedua bergulir, The Blues memperbesar keunggulan lewat aksi Juan Mata.

Sepakan jarak jauh Torres masih bisa diblok Mignolet. Namun, bola muntah jatuh ke depan Mata. Tanpa ampun, gelandang asal Spanyol itu melepaskan tendangan keras kaki kiri yang merobek jala Sunderland.

Tertinggal 0-3 di kandang sendiri, membuat Sunderland berusaha mencari gol. Hasilnya terbukti tepat pada menit ke-66. Sebuah lesakan luar biasa Adam Johnson berhasil membuat Sunderland kini tertinggal 1-3. Tembakan dari sudut sempit Johnson, gagal diantisipasi Cech yang hanya diam melihat bola masuk ke gawangnya.

Satu gol The Black Cats membawa angin segar. Pada menit ke-75 dan ke-76, Sunderland memperoleh kesempatan mencetak gol. Namun, tendangan bebas Johnson masih bisa diselamatkan Cech dengan gemilang. Semenit berselang, giliran Jack Colback yang gagal menyambut umpan sepak pojok di depan gawang Chelsea.

Skor bertahan 3-1 untuk kemenangan Chelsea. Ini menjadi kemenangan perdana Chelsea dalam tujuh laga terakhir di Premier League. Chelsea kini masih berada di urutan ketiga dengan 29 poin. Sementara Sunderland tenggelam berada di zona merah dengan 13 poin.(**)