Jaga Kebersihan, 2013 Kaur Sediakan 1000 Tong Sampah

KOTA BINTUHAN,BE– Salah satu program Bupati Kaur Dr Ir H Hermen Malik MSc adalah memberikan pelayanan kebersihan dan kesehatan secara optimal kepada warga masyarakat. Terlebih, pihaknya menargetkan perolehana Adipura 2014. “Salah satunya dengan pola hidup bersih dan tidak membuang sampah secara sembarangan dan mengurangi pembakaran sampah yang bisa menyebabkan polusi udara,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Tata Kota (BLHDTK)

Kaur Dra Reflita Dwiana MSi, kemarin (3/10).
Untuk mendukung program bupati tersebut, dibutuhkan beberapa fasilitas pendukung yang memadai. Pihaknya akan mengusulkan 1000 buah tong sampah pada tahun 2013 dengan menganggarkan sekitar Rp 200 juta.

Aaat ini selain jumlahnya sangat sedikit, beberapa fasilitas kebersihan untuk menampung sampah sudaah mulai rusak dan tak bisa terpakai lagi. Beberapa tempat penampungan sampah saat ini dalam kondisi terbengkalai karena tak terpakai lagi. “Kita akan mengusulkan dalam APBD Tahun 2013, semuanya lembaga harus ada tong sampah baik sekolah hingga instansi dan perkantoran, demi menjaga kebersihan,” jelasnya.

Dijelaskanya, khusus untuk tong sampah untuk Kota Bintuhan dan sekitar sedikitnya masih dibutuhkan 1000 buah lagi. Ini agar dapat mencukupi kebutuhan yang ada saat ini. Kota Bintuhan mengalaami kekurangan 3000 tong sampah. “Sedangkan untuk tahun depan kita usulkan 1000 buah lagi, untuk perumahan dan sekolah yang belum mendapatkan. Untuk tahun ini terkadang satu tong untuk 1 buah tong untuk 3 buah rumah, Dengan adanya penambahan maka bisa lebih baik,” jelasnya.(823)