Tolak Swakelola, Pilih Dilelang

TAIS, BE- Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Seluma, Irihadi MSi, lebih sepakat Mess Seluma di Jalan Duren 3 Jakarta, pengelolaannya dilelang. Meski alternatif lain pengelolaan dilakukan secara swakelola, namun dinilai akan membebani anggaran. Hingga saat ini tarik ulur mengenai sistem pengelolaan Mess Seluma tersebut masih terjadi.
“Jika diswakelolakan ke pihak ketiga akan jelas memakan anggaran lagi untuk merubah Izin dan SIUP serta ditambah dengan merombak bangunan. Sedangkan saat ini kita kekuranggan anggran,” ujar Irihadi, Senin (23/2).
Sedangkan saat ini, beberapa fraksi DPRD Seluma mengusulkan pengelolaan Mess Seluma, tersebut perlu di swakelola kepada pihak ketiga. Untuk merealisasikan hal ini membutuhkan anggaran lainnya untuk melakukan perubahan sejumlah izin serta juga mengharuskan perombakan beberapa bangunan.
Sehingga bisa dimanfaatkan oleh pihak ketiga tersebut. Namun, untuk sejumlah perombakan tersebut jelas akan memakan anggaran besar pula. “Sebelumnya kita telah mewacanakan untuk pelelanggan aset tersebut. namun belakanggan DPRD kembali mengeluarkan stetmen agar diswakelolakan dan ini semakin membuat Pemkab binggung untuk bersikap,”tegasnya.
Dia mengatakan jika lelang disetujui, Pemkab Seluma akan mendaftarkan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk menentukan nilai lelang.
Ditaksir, lahan seluas 1000M3 tersebut bisa terjual mencapai Rp 15 miliar, sedangkan sejumlah tahapan lelangpun merupakan wewenang dari KPKLN. “Pemkab Seluma hanya menerima hasil bersih dari KPKLN terkait penjualan aset pemkab Seluma tersebut,” ujar Sekda.(333)