Tolak Suap Dapat Duit

7969_6472__ilus-JAGAT
PROGRAM kepolisian Thailand ini memang ’’menggiurkan’’ dan layak ditiru di sini. Mereka memberikan hadiah duit kepada para polisi yang menolak suap.
Selama ini polisi di Thailand memang akrab dengan ’’uang damai’’, seperti beberapa anggota, eh, oknum aparat di negeri kita, lah. Para pengguna jalan di Bangkok sudah lazim me-nylempit-kan selembar atau dua lembar duit ke tangan polisi saat mereka ditangkap. Thailand pun dikenal sebagai salah satu surga dalam bidang korupsi dan sogok-menyogok. Negeri itu berada pada peringkat ke-102 dari 177 indeks korupsi dunia pada 2013.
Nah, citra buruk itulah yang ingin dihapus pemerintah. Terutama setelah junta militer menguasai pemerintahan pasca pemerintahan Yingluck Shinawatra yang dikudeta pada Mei.
’’Insentif ini akan mendorong aparat kami untuk memburu pelanggar rambu lalu lintas yang mencoba menyuap,’’ kata Majyen Adul Narongsak, deputi kepala Kepolisian Biro Metropolitan. Menurut dia, dua polisi sudah dihadiahi masing-masing 10 ribu baht (sekitar Rp 3,7 juta). Sebab, mereka menolak sogokan 100 baht (sekitar Rp 37 ribu).
Saat ini kesejahteraan polisi di Thailand memang masih memprihatinkan. Gaji mereka berkisar 6 ribu baht (Rp 2,2 juta) per bulan. Itu jauh di bawah rata-rata penghasilan penduduk negara tersebut. (Reuters/c6/dos)