Tol Trans Sumatera Akan Dibangun 5 Bulan Lagi

Jalan tol Trans Sumatera bakal segera digarap. PT Hutama Karya (Persero) mengaku siap membangun jalan tol ini Maret 2013 nanti.

Groundbreaking¬†Maret ini,” tegas Direktur Utama Hutama Karya Tri Widjajanto usai acara BUMN Marketeers Club, Jumat (19/10). Ruas tol akan dibangun dari Medan-Binjai dan Palembang-Indralaya.

Saat ini, kata dia, BUMN itu terus merampungkan perusahaan konsorsium pengerjaan proyek. “Intinya sekarang, kami masih bentuk tim dengan PTPN (PT Perkebunan Negara) untuk studi,” ujarnya.

Namun sayangnya ia belum mau menuturkan berapa total investasi yang bakal dikeluarkan untuk ini. “Kita sedang hitung, kita harap ada dana penyertaan modal negara (PMN),” ujarnya.

Selain akan mengerjakan proyek jalan tol ruas Trans Sumatera, Hutama Karya juga berencana masuk dengan membuat ruas baru di Jawa. “Kami akan konsorsium untuk yang itu,” ujarnya.

Sebagai mana diketahui, Hutama Karya akan bermitra dengan PTPN untuk pembangunan jalan bebas hambatan itu. Kemitraan keduanya diputuskan Menteri BUMN Dahlan Iskan beberapa waktu lalu. Dahlan yakin hal ini akan menghemat anggaran.

Pasalnya tanah yang dipakai untuk proyek merupakan aset PTPN. Selain itu, penunjukan langsung BUMN ini juga dikatakannya bisa mempersingkat proyek.

“Intinya sebanyak 60 persen pembiayaan jalan tol dari PTPN, jadi Hutama Karya tidak mengeluarkan uang,” tegasnya.¬† Dengan begitu pemerataan pembangunan bisa terlaksana.

Total panjang jalan tol yang akan digarap oleh Hutama Karya ini akan membentang sepanjang 2.700 km. Tahap pertama akan dibangun pada awal tahun 2013 dengan panjang 300 km.(**)