Tokoh Agama Bengkulu Apresiasi Pelaksanaan Pemilu Berlangsung Transparan, Jujur dan Demokratis

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Meski tahapan pleno tingkat kabupaten dan kota di Bengkulu, masih berlangsung. Penyelenggaraan tahapan pemilu di Bengkulu tergolong sukses, aman dan damai. Untuk itu, sejumlah tokoh agama di Bengkulu, seperti Ketua Pimpinan Wilayah Nahdiatul Ulama Provinsi Bengkulu, Dr H Zulkarnain Dali dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bengkulu, Prof Dr H Rohimin M. Ag, mengapresiasi para penyelenggara pemilu dan aparat pengamanan yang turut menyukseskan terselenggaranya pemilu yang aman dan damai.

Dr H Zulkarnain Dali mengatakan, turut mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara seperti KPU, Bawaslu serta pihak keamanan yang telah mengawal setiap proses tahapan pemilu. Ia menjelaskan, rekapitulasi pleno tingkat kabupaten kota berjalan sangat transparan, adil, lancar dan demokrasi.

“Meski ada beberapa kendala, namun proses pemilu dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan kepada masyarakat untuk sabar menunggu hasil keputusan dari KPU pada 22 Mei mendatang,” ucapnya, Kamis (2/5/19).

Ada beberapa kabupaten yang sudah selesai melakukan rekapitulasi pleno tingkat kabupaten, seperti Bengkulu Utara, sebagian di daerah Kabupaten Lebong dan Bengkulu Selatan. Kejadian bencana banjir dan tanah longsor yang melanda berbagai daerah di Provinsi Bengkulu, membuat ada beberapa daerah yang menunda pelaksanaan pleno.

Prof. Dr. H. Rohimin M.Ag, mengungkapkan, hal senada. Dia pun mengapresiasi kinerja seluruh elemen penyelenggara pemilu khususnya di Provinsi Bengkulu. Ia berharap kedamaian pesta demokrasi di Bengkulu bisa dipertahankan.

“Proses Pleno berjalan dengan transparan dan dilakukan secara demokratis. Saya berharap juga hal ini bertahan sampai pleno tingkat provinsi nantinya,” terang Ketua MUI Provinsi Bengkulu ini.

Memang jika dibandingkan dengan daerah di provinsi lain, penyelenggaraan pemilu di Bengkulu terdengar minim kasus dan kerusuhan. Hal ini tentunya berkat sikap kedewasaan masyarakat yang tinggi dan pengamanan pemilu oleh aparat penegak hukum sudah berjalan sangat baik. (Imn)