Toke Sawit Disarankan Bentuk Perserikatan

sawit
Foto : IST

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengharapkan agar para pengepul (toke,red) segera membentuk perserikatan atau perkumpulan. Perserikatan ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk menampung seluruh keluhan pengepul terkait penjualan tandan buah segar (TBS) sawit kepada perusahaan.

“Selama ini, kami hanya menerima keluhan dari pengepul sawit maupun para petani secara individu. Ke depan, diharapkan ada perserikatan yang memang menjadi wadah untuk menampung seluruh aspirasi pengepul dan petani,” kata Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Benteng, Ir Sucipto.

Dengan adanya perserikatan, sambung Sucipto, para pengepul dengan mudah untuk melakukan koordinasi dengan semua pihak. Baik itu DPRD Kabupaten Benteng selaku wakil rakyat, Pemerintah Daerah (Pemda) atau bahkan pihak perusahaan pengolah CPO. “Perserikatan pengepul sawit diharapkan mampu mengontrol agar harga jual TBS sawit tak menimbulkan kerugian bagi para petani,” jelas Sucipto.

Dari hasil pendataan, sambung Sucipto, komoditi pertanian memang menjadi salah satu unggulan dari Kabupaten Benteng. Sebab itu, banyak masyarakat yang menggantungkan hidup dari perkebunan kelapa sawit.

“Saat ini, kami banyak menerima laporan bahwa harga karet anjlok serta antrean kendaraan sawit yang mencapai 3-4 hari. Permasalahan ini terjadi pada seluruh perusahaan pengolah CPO di Kabupaten Benteng. Kami mengharap agar Pemda juga turun tangan membantu memperjuangkan apirasi petani dan jangan menutup mata,” pungkas Sucipto.(135)