Togo Hentikan Langkah Aljazair

Togo menghentikan langkah Aljazair di Piala Afrika 2013 setelah membukukan kemenangan dua gol tanpa balas, Sabtu (26/1) malam. Togo tinggal membutuhkan hasil imbang melawan Tunisia di laga terakhir untuk merebut tiket delapan besar.

Kedua tim dituntut meraih hasil semaksimal mungkin karena sama-sama menderita kekalahan pada laga pertama. Apalagi, sebelum pertandingan Pantai Gading sukses menundukkan Tunisia 3-0 sehingga menjadi tim pertama yang mampu melaju ke babak perempat-final.

Aljazair memegang kendali pertandingan sejak dimulai. Kiper Togo Kossi Agassa beberapa kali melakukan penyelamatan penting. Sofiane Feghouli menjadi otak serangan Aljazair dengan striker Islam Slimani sebagai andalan.

Pada menit ke-31, Emmanuel Adebayor bertukar umpan dengan Moustapha Salifou melalui sundulan kepala. Lolos dari kawalan Rafik Halliche, Adebayor melepaskan tembakan menyusur tanah yang tak mampu diselamatkan Mbolhi. Ketinggalan 0-1 membuat Aljazair tersentak dan mencoba membalas.

Mengandalkan Foued Kadir dan El-Arbi Soudani, Aljazair terus melancarkan ancaman sejak babak kedua dimulai. Namun, serangan mereka kerap kandas di lini pertahanan Togo.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Aljazair justru kebobolan lagi oleh gol Dove Wome. Gol ini membunuh semangat bertanding Aljazair. Tak lagi ada peluang tercipta sampai wasit mengakhiri pertandingan.(**)