TNI Butuh Dukungan Rakyat

RIO-ATRAKSI PRAJURIT TNI-HUT TNI 69 (2)BENGKULU, BE – Korem 041/Gamas mengadakan upacara peringatan HUT TNI ke-69, kemarin. Upacara yang dilangsungkan di Pantai Kualo Pasar Bengkulu tersebut dipimpin langsung oleh inspektur upacara Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Kolonel Inf Achmad Sudarsono SIP.
Tak hanya upacara, dalam kesempatan itu Korem 041/Gamas juga menampilkan beberapa atraksi yang sebagai bentuk pertunjukkan hasil pembinaan TNI selama satu tahun terakhir. Atraksi dimulai dengan tari salsa yang ditampilkan oleh ibu-ibu persit dari seluruh Kodim yang ada.
Kemudian dilanjutkan dengan penampilan doll yang dimainkan oleh prajurit TNI. Tak sekedar bermain doll, prajurit juga menampilkan atraksi teatrikal hingga aksi seni beladiri yang mengundang decak kagum para hadirin yang menyaksikan. Usai itu, acara dilanjutkan dengan syukuran.
Dalam arahannya, Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Achmad Sudarsono SIP menerangkan dalam momentum HUT ini, TNI mengedepankan kebersamaan kepada rakyat. Pasalnya, menurut tentara berdarah Semarang ini TNI akan kuat dan eksis jika didukung dan dicintai oleh rakyat.
“Karena itu, pada HUT kali ini kita mengusung tema ‘Patriot sejati, profesional, dan dicintai rakyat,” ungkap Danrem.
“Tanpa dukungan rakyat, tugas kita tidak akan maksimal, karena itu kita sangat berharap cinta rakyat bisa terus mengalir kepada TNI, sebagaimana TNI yang selalu berjuang untuk rakyat,” tambahnya.
Karena itulah, lanjut Danrem, pada kesempatan ini TNI mengambil lokasi upacara di pinggir pantai dengan menggunakan fasilitas seadanya dan terkesan sederhana. Dari situ, ia ingin masyarakat melihat secara langsung beberapa sarana dan prasarana yang sering digunakan prajurit dalam bertugas.
“Kali ini kita juga memperkenalkan pola makan TNI, sarana prasarananya selama bertugas, seperti tenda, meja lapangan. Alat TNI ini sengaja ditampilkan agar rakyat tahu,” jelasnya.
Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Sultan B Najamuddin dalam sambutannya berharap dengan peringatan HUT TNI ini akan bisa meningkatkan eksistensi TNI dalam melakukan tugas dan pengabdiannya kepada negara. Bahkan, ia menilai peringatan HUT ini merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban dari TNI kepada masyarakat.
“Momen ini sebagai bentuk komitmen TNI agar selalu siap untuk menjaga kedamaian negara ini, dan senantiasa berbuat terbaik untuk rakyat,” jelasnya.
Dengan Sapta Marga TNI, lanjut Sultan, TNI telah disumpah untuk terus siap siaga dalam menjaga keutuhan NKRI. Karena itu, mewakili pemerintahan dan masyarakat Bengkulu, Sultan mengucapkan terimakasih atas jasa-jasa TNI selama ini.
“Termasuk juga beberapa kontribusi dan masukan TNI kepada Pemprov,” pungkasnya.
Turut hadir FKPD Provinsi Bengkulu, Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Tatang Somantri, Seluruh Bupati/Walikota Provinsi Bengkulu, purnawirawan TNI, stakeholders TNI, dan masyarakat provinsi Bengkulu. (609)