TNI Bantu Korban Gempa

tinjaui (2)
BUDI/Bengkulu Ekspress TINJAU: BPBD Kabupaten dan Provinsi serta Dandim BU ketika meninjau langsung rumah warga yang rusak akibat gempa bumi.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Personel TNI AD melakukan kegiatan gotong royong membantu pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Mukomuko pasca gempa yang merusak bangunan tersebut.

“Ya, sejak beberapa hari lalu hingga hari ini (kemarin) jajaran TNI dari Koramil Kota Mukomuko ikut membantu warga bersama Pemda melalui SKPD terkait,” ujar Komandan Kodim 0423 Bengkulu Utara, Letkol Czi, Syaiful Rachman SE dihubungi Bengkulu Ekspress, kemarin.

Menurutnya, kegiatan tersebut sudah menjadi salah satu kewajiban jajarannya. Ini tidak lain untuk membantu masyarakat dan pemerintah setempat. Selain itu juga sebagai rasa kepedulian TNI terhadap warga yang menjadi korban gempa.

“Semampunya kita membantu warga yang terkena musibah akibat gempa bumi. Seperti membantu memperbaiki rumah warga yang tidak layak dihuni dibuat atau dibangun sementara agar layak huni dan lainnya,” demikian Dandim.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ramdani SE MSi menyampaikan, tidak hanya tim kabupaten yang turun ke lokasi dalam melakukan verifikasi dan penilaian, tetapi juga ikut langsung Kepala BPBD Provinsi Bengkulu dan TNI.

“Khusus Kepala BPBD Provinsi dan Dandim BU langsung ikut memantau di lapangan, khususnya rumah warga yang rusak berat,” ujarnya.

Verifikasi dan penilaian dibutuhkan beberapa hari dan berpedoman pada SOP dari BNPB. “Meskipun laporan resmi dari perpanjangan tangan pemerintah hingga di tingkat bawah mencapai diatas seratus bangunan rusak. Tidak serta merta laporan itu langsung dilaporkan ke BNPB. Yang jelas saat ini tim masih bekerja di lapangan,” lanjut Ramdani. (900)