TNI AU Pastikan Bangun Radar Udara

PANTAU : Inilah 14 perwakilan TNI AU yang melakukan pemantauan terhadap lahan lapangan terbang Padang Panjang untuk lokasi pembanguna  radar udara.
PANTAU : Inilah 14 perwakilan TNI AU yang melakukan pemantauan terhadap lahan lapangan terbang Padang Panjang untuk lokasi pembanguna radar udara.

KOTA MANNA, BE – Mabes TNI AU memastikan akan membangun radar udara di bekas Lapangan Terbang Padang Panjang, Bengkulu Selatan. Ini dibuktikan dengan kedatangan 14 orang anggota TNI AU
dari Mabes TNI AU untuk melakukan pengecekan langsung ke Lapter 1 dan 2.

Pada pengecekan itu, anggota TNI AU telah menentukan titik koordinat yang akan dijadikan lokasi pembanguan radar udara. Sementara sementara waktu mereka telah memilih lokasi di Lapter I.

Menurut keterangan Kabag Tapem Setkab BS, Drs Firmansyah, perwakilan TNI AU Kol Ruslan Efendi dan 13 anggota lainnya telah menyampaikan ke Pemkab BS jika lokasi Lapter I  sebagai tempat pembanguan radar udara tersebut.

Dikatakannya, pada awalnya perwakilan TNI AU itu memeriksa lahan di Lapter II yang telah direncanakan oleh Pemkab BS sebagai lokasi pemasangan radar udara. Namun saat dicek, ternyata lokasi itu dinilai belum cocok sebagaimana keinginan perwakilan TNI AU.

Perwakilan TNI AU menginginkan lahan yang agak berbukit sehingga memudahkan untuk melakukan pemantauan terhadap perairan laut BS. “Sepertinya untuk Lapter II belum pas lokasinya, sehingga mereka mengalihkan ke Lapter I,” terang Firmansyah. Lokasi itu tepatnya di dekat jembatan Sungai Sekunyit.

Ditambahkan Firmansyah, keputusan itu masih sementara, perwakilan TNI AU masih akan menyampaikannya kepada pimpinan mereka di Jakarta.(369)