TNI AL Perketat Pengamanan Pelabuhan

FOTO IST/ Anggota Lanal Bengkulu mulai perketat pengamanan pelabuhan.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Satuan tugas Pencegahan dan Penanganan Wabah Covid-19 Provinsi Bengkulu terus memaksimalkan pengamanan di berbagai sektor lalu lintas. Salah satunya yang dilaksanakan Lanal Bengkulu bekerjasama dengan dinas terkait dengan meningkatkan pengamanan di pintu masuk pelabuhan Pulau Baai menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Jumat (07/05).

Untuk mengamankan gelombang arus mudik lebaran kali ini dan pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang mungkin dibawa oleh para pemudik, Pangkalan TNI AL (Lanal) Bengkulu menerjunkan personelnya dari Denpomal Lanal Bengkulu dan Pos Patkamla Pulau Baai untuk membantu Pemda Provinsi Bengkulu. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudi Ardian, selaku Dansatgas Angkutan Laut (Angla) pengamanan mudik masa pandemi Covid-19 Provinsi Bengkulu.

” Kita dari Lanal Bengkulu akan terus berupaya membantu Pemerintah Daerah setempat untuk melaksanakan operasi penyekatan dan peningkatan pengamanan daerah pelabuhan di wilayah Bengkulu dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19.
Upaya ini merupakan penjabaran dari pemerintah dan pimpinan TNI AL dalam membantu pemerintah daerah/kota dalam menangani dampak virus corona di daerah masing-masing,” jelas Danlanal.

Selain itu, lanjut Danlanal, pimpinan TNI dan TNI AL telah mengeluarkan perintah dan arahan agar pihak TNI AL bersama-sama dengan unsur-unsur TNI-Polri, Pemerintah daerah, KSOP, ASDP, KKP dan Karantina bersinergi untuk membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Bengkulu. Rencananya peningkatan pengamanan angkutan laut, sesuai edaran Pemerintah akan dilaksanakan periode 6 mei s.d 17 Mei 2021.

Untuk diketahui, pelabuhan Pulau Baai sendiri melayani kapal penumpang atau KMP Pulau Tello dan Sabuk Nusantara dengan rute dalam Provisi Bengkulu – Pulau Enggano. Namun dalam pelaksanaannya lebih ditekankan kepada penekanan mengenai protokol kesehatan. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*