TNI AL, Pedagang dan Nelayan Serbu Sampah Plastik di TPI Pulau Baai

lanal bengkuluBENGKULU, bengkuluekspress.com – Lanal Bengkulu bersama sejumlah perwakilan instansi serta pedagang ikan dan nelayan menggelar aksi penyerbuan sampah di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pulau Baai Kota Bengkulu, Selasa (21/11/2017). Aksi gotong royong yang dimulai dari pukul 09.00 WIB tersebut dalam rangka memperingati Hari Armada RI TH 2017, HUT Provinsi Bengkulu ke-49 dan Hari Ikan Nasional. Alhasil sebanyak 515 Kilogram sampah plastik terkumpul.

Danlanal Bengkulu, Letkol Laut ( P ) Agus Izudin, mengatakan aksi bersih sampah ini dalam rangka menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan disekitarnya.

“Jika sampah ini jatuh ke laut, dikonsumsi ikan dan ikannya di makan masayrakat. Tentu akan membahayakan kesehatan kita semua,” kata Danlanal disela – sela aksi serbu sampah.

Menariknya, dalam aksi ini, nelayan dan pedagang ikan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok yang berisi lima orang akan diberi waktu selama 45 menit untuk mengumpulkan sampah. Bagi yang berhasil mengumpulkan sampah paling banyak mendapatkan hadiah menarik. Cara ini sengaja dilakukan guna menggugah minat masyarakat untuk mencintai lingkungan sekitar

Letkol Laut ( P ) Agus Izudin berharap aksi TNI AL dan pedagang ikan serta nelayan ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat.

“Kalau masayarkat yang berada di kawasan laut peduli maka diharapkan masyarakat lain juga ikut tergugah,” harapnya.

Selain Lanal Bengkulu, aksi bersih sampah ini juga diikuti oleh perwakilan Polair Polda Bengkulu, KSKP Pulau Baai Bengkulu, PSDK Bengkulu, KSOP Bengkulu dan Bea Cukai. (Dil)

lanal bengkulu