TMMD Ditutup, TMKK Dimulai

IRUL/Bengkulu Ekspress UPACARA: Upacara penutupan TMMD ke-101 dan sekaligus pembukaan TMKK yang dipusatkan di lapangan Desa Cuko Enau Kecamatan Kaur Utara, Kamis (3/5).
IRUL/Bengkulu Ekspress UPACARA: Upacara penutupan TMMD ke-101 dan sekaligus pembukaan TMKK yang dipusatkan di lapangan Desa Cuko Enau Kecamatan Kaur Utara, Kamis (3/5).

KAUR UTARA, Bengkulu Ekspress – Pelaksanaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 tahun 2018 dipusatkan di Desa Cuko Enau Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur, resmi ditutup. Hal ini ditandai dengan upacara gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Inspektur upacara, Komandan Resort Militer (Danrem) 041/Garuda Emas (Gamas), Kolonel Inf. Irnando Arnold B Sinaga, di lapangan Desa Cuko Enau, Kamis (3/5).

Dalam sambutannya, Danrem mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada pemerintah daerah serta berbagai pihak lainnya yang telah mendukung terlaksananya program TMMD ini secara totalitas.

“Kepada seluruh komponen masyarakat yang senantiasa hadir untuk bergotong royong dan bahu-membahu guna menyelesaikan seluruh pekerjaan secara maksimal,” kata Danrem dalam sambutannya.

Dikatakan Danrem, bahwa kerja keras semua pihak di 50 wilayah sasaran TMMD, telah memberikan hasil yang sangat signifikan dan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. Tercatat, sekitar 272 sasaran fisik telah dituntaskan, baik berupa pembangunan sarana transportasi dan rehabilitasi jalan, pembuatan dan perbaikan sarana irigasi dan sanitasi, rumah ibadah, tempat tinggal dan sekolah, serta berbagai pusat kegiatan masyarakat lainnya. Kemudian dari aspek non fisik, lanjutnya, disela-sela kegiatan pengerjaan fisik, Satgas juga menyelenggarakan kegiatan penguatan imunitas bangsa dalam rangka peningkatan daya saing generasi muda.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut diantaranya berupa sosialisasi dan pembekalan wawasan kebangsaan, kewaspadaan nasional, kecintaan tanah air, penangkalan penyalahgunaan narkoba dan penyebaran paham radikal serta kegiatan lainnya. Hal ini selaras dengan tema TMMD tahun 2018 ini yaitu, “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”.

“Kegiatan TMMD ini tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, tapi juga mampu membangun karakter bangsa, khususnya generasi mudanya. Hal ini dinilai penting, karena output tersebut diharapkan akan mendorong outcome yang sangat berharga,” sampainya.

Diakhir sambutannya, Danrem menyampaikan permohonan maaf jika selama kegiatan TMMD tersebut terdapat sikap dan perilaku anggota Satgas yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Kemudian dirinya juga berpesan agar seluruh komponen masyarakat senntiasa memelihara semangat kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong royong, serta kepercayaan diri dalam kehidupan keseharaian kita.

“Selamat kepada Dansatgas TMMD ke-101, sekembali dari satuan, sebagai bahan masukan kegiatan yang akan datang, segera lakukan evaluasi secara menyeluruh kegiatan TMMD ini,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Kaur, Gusril Pauzi SSos melalui Sekda Kaur Nandar Munadi MSi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada satuan Kodim 0408 BS/Kaur dan jajaran, serta semua pihak terkait yang telah memberikan bhaktinya bagi pelaksanaan TMMD di Kabupaten Kaur. Pelaksanaan TMMD ini merupakan sumbangan yang sungguh sangat berarti untuk masyarakat bagi percepatan kemajuan di Kabupaten Kaur.

“Marilah kita syukuri pelaksanaan TMMD ini, semoga sumbangsih yang diberikan berupa moril maupun materil dan juga ini merupakan langkah kemajuan Kaur ke depannya,” terangnya.

Upacara ini juga dihadiri Kepala Kesbangpol Provinsi Bengkulu yang mewakili Plt Gubernur Bengkulu, Kepala OPD, FKPD perwakilan Pangdam II Sriwijaya, para Dandim jajaran Korem 041/Gamas, serta para undangan lainnya. Usai upacara penutupan TMMD ke-101 ini, acara langsung dilanjutkan dengan pembukaan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) tahun 2018. Pembukaan kegiatan TMKK ini ditandai dengan pemukulan dol oleh Bupati Kaur, Gusril Pauzi SSos didampingi Danrem 041/Gamas. (618)