Titik Terang Penyelesaian Konflik Agraria

Forum Petani dan Pemkab Seluma Bahas Pembentukan TIM Khusus

Bengkulu,Bengkuluekspress.com – Forum Petani Bersatu Seluma dengan Pemerintah Kabupaten Seluma, membahas pembentukan TIM  khusus percepatan penyelasaian konflik agraria dengan PT. SIL. Menindaklanjuti Surat Kantor Staf Presiden Republik Indonesia Dengan  Nomor yang ditujukan kepada Bupati Seluma Provinsi Bengkulu Nomor : B-23/KSP/D.5/042019 Tertanggal 12 April 2019, tentang koordinasi  penyelesaian konflik agraria di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu anatara Forum Petani Bersatu Seluma dengan PT. Sandabi Indah Lestari
Unit Seluma.

WALHI Bengkulu bersama Forum Petani Bersatu Seluma, Pasca Hearing dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Seluma, pada Senin,  19Agustus 2019, melakukan hearing dengan Pemerintah Kabupaten Seluma. Untuk menindaklanjuti percepatan penyelesaian konflik agraria  antara Forum Petani Bersatu Seluma dengan PT. Sandabi Indah Lestari unit Seluma. Hearing ini langsung dipimpin oleh Sekretaris Daerah  Kabupaten Seluma yang didampingi Assitent 1 dan Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Seluma.

Manajer Kampanye Industri Ekstraktif WALHI Bengkulu, Dede Frastien mengatakan, ”Dalam Pertemuan ini mulai ditemukan titik terang  penyelesaian konflik. Karena, dalam pertemuan yang berlangsung 2 jam tersebut, kami membahas masalah rekomendasi surat dari Kantor Staf  Presiden Republik Indonesia tentang Pembentukan tim khusus percepatan penyelesaian konflik agraria antara Forum Petani Bersatu Seluma dengan PT Sandabi Indah Lestari Unit Seluma.”

Pemerintah Kabupaten Seluma, khususnya sekretaris daerah dan jajarannya juga mempunyai itikad baik dan sangat ingin konflik antara  masyarakat dan PT. SIL ini cepat diselesaikan. Salah satu model penyelesaiannya dengan membentuk TIM Khusus dan terpadu sehingga besok WALHI Bengkulu, menyurati secara resmi Pemerintah Kabupaten Seluma agar segera menindaklanjuti hasil Hearing ini dengan membentuk  SK TIM Khusus tersebut. (Rls)

Berikut hasil hearing Pemkab Seluma, dalam hal ini dihadiri Sekda Irihadi, Asisten 1 Mirin Ajib dan Kabag Hukum.

1. Mmenyepakati pembentukan SK tim khusus percepatan penyelesaian konflik agraria antara Forum Petani Bersatu Seluma dengan PT  Sandabi Indah Lestari Unit Seluma, yang akan dikoordinasikan dengan bupati.

2. WALHI Bengkulu, segera mengirimkan surat resmi atas tindak lanjut Hearing pada hari ini terkait nama-nama yang akan masuk ke dalam  SK Tim Khusus Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria antara Forum Petani Bersatu Seluma dengan PT Sandabi Indah Lestari Unit Seluma

3. Dalam Bulan Agustus ini, SK Tim Khusus Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria antara Forum Petani Bersatu Seluma dengan PT  Sandabi Indah Lestari Unit Seluma, sudah ditandatangani bupati Seluma.

4. Tim Khusus Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria antara Forum Petani Bersatu Seluma dengan PT Sandabi Indah Lestari Unit Seluma  akan bergerak dan bekerja dalam bulan ini.

5.Tim Khusus Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria antara Forum Petani Bersatu Seluma dengan PT Sandabi Indah Lestari Unit Seluma  Akan mengadakan rapat terpadu dalam waktu dekat.




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*