Tips-Tips Pintar Sebelum Membeli Rumah

rumah-pertama
foto: ilustrasi/net

Pertumbuhan Developer perumahan di Bengkulu dewasa ini seperti cendawan di musin hujan semakin menjamur dan perumahan baru tumbuh dimana-mana, dimana developer-developer ini dengan berbagai trik marketing mencoba menawarkan berbagai keunggulan dan kelebihan “jualan” mereka miliki baik rumah jenis Eksclusive, Cluster, sampai dengan jenis rumah sederhana dan subsidi. Kondisi ini tentu saja sangat menguntungkan bagi kita konsumen yang sedang mencari rumah tinggal atau yang hanya sekedar tujuan untuk investasi rumah. Berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih/membeli rumah:


tips_61. Lokasi:

Lokasi adalah faktor utama dalam memilih rumah, hal ini dikarenakan dari rumah inilah nantinya akan menjadi  awal dimulainya semua aktifitas. Pertimbangan utama dalam memilih lokasi adalah kemudahan akses jalan, jarak ke tempat bekerja, tidak banjir, lingkungan yang masih segar dan banyak pohon, tidak terlalu berisik dengan kendaraan yang lewat, dekat dengan fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan.

2. Memilih Ukuran Rumah Sesuai Kebutuhan

Hal paling mendasar yang lain yang harus dipertimbangkan ialah mengenali kebutuhan Anda dan keluarga. Kebutuhan yang dimaksudkan di sini ialah kebutuhan akan ukuran rumah. Apabila Anda sekeluarga hanya terdiri dari 3 atau 4 orang, maka Anda tak perlu membeli rumah yang terlalu besar. Membeli rumah dengan ukuran ideal tentu akan mempermudah pekerjaan Anda dari berbagai sisi. Selain dapat mempermudah Anda dalam membersihkan rumah dan melakukan perawatan, membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda tentu akan mengefisienkan anggaran yang Anda miliki.

3. Fasilitas sosial yang dimiliki

Pilih perumahan yang menyediakan fasilitas yang memadai dan tidak berlebihan, seperti fasilitas olahraga, tempat bermain anak, taman, sarana ibadah, jalan yang memadai, saluran air yang baik, keamanan yang baik dan lain-lain. Fasilitas yang terlalu banyak akan menjadi pilihan banyak orang, tapi bisa membuat harga rumah menjadi lebih tinggi, karena fasilitas-fasilitas tersebut dibangun dari harga rumah yang Anda beli.

4. Spesifikasi bangunan dan perlengkapan

Pelajari spesifikasi bangunan yang ditawarkan oleh developer mengenai detail bahan dan material-material yang dipakai pada bangunan rumah yang ditawarkan. Apabila dalam spesifikasi bangunan tersebut terdapat spesifikasi yang tertulis SETARA (contoh spsifikasi cat menggunakan cat DULUX atau setara, dll) maka lebih baik kepada developer disampaikan dengan jelas jenis spek material yang kita inginkan jangan dengan ketentuan setara

5. Fasilitas umum di sekitar perumahan

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah berapa jarak dan berapa waktu tempuh ke fasilitas umum seperti: kantor,  rumah sakit, klinik, sekolah, tempat belanja.  Jangan sampai fasilitas ini tidak tersedia atau walaupun ada sangat jauh.

6.Lingkungan sosial sekitar perumahan

Sebuah lingkungan yang baik juga berarti Anda akan dapat memiliki tempat tinggal yang baik, maka  sedikit banyak cari informasi lingkungan sekitar, budaya kebiasaan masyarakat, keamanan dll. intinya lingkungan rumah harus memberikan efek positif pada anda dan menurut Anda tidak akan menggangu dikemudian hari atau tidak.

7. Bandingkan dengan Perumahan sejenis disekitar lokasi

Sebelum memutuskan final membeli rumah pada suatu lokasi yang anda inginkan ada baiknya melakukan survey diberbagi tempat di sekitar lokasi yang juga menawarkan perumahan-perumahan  dari developer lainnya untuk mebandingkan keuntungan rumah yang akan kita beli dari sisi harga, fasilitas, dan keuntungan-keuntungan lainnya

8.Pastikan pengembang baik

Sebelum membayar DP pastikan memilih pengembang (developer) yang memiliki track record yang baik. Pilih pengembang sudah pernah menyediakan rumah pada lokasi lain sehingga mempermudah membanding dengan lokasi rumah sekarang. Hal lain yang dapat dilakukan adalah googling diinternet memang anda tidak akan menemukan pengembang yang 100% dapat memuaskan pelanggannya dan hampir semua pengembang memiliki pelanggan yang mengeluh karena tidak puas. Tapi setidaknya Anda dapat memilih pengembang yang sudah memiliki pengalaman dan memiliki sedikit komplain dari pelanggannya

9. Fengshui Rumah

Hal ini dapat dilakukan bagi yang memepercayai mengenai ilmu fengshui yang berkaitan dengan posisi rumah yang biasanya disesuaikan dengan tanggal kelahiran penghuini dll. Akan tetapi bagi anda yang tidak mempercayai fengshui ada baiknya membaca hanya sebagai tambahan referensi dan diambil sebagai tambahan masukkan dalam menentukan rumah yang baik. Sebagai contoh dalam ilmu fengshui rumah tusuk sate secara fengshui tidak baik untuk rumah tinggal, maka kita bisa analisa karena dengan posisi tusuk sate bahaya dari kendaraan lalu lintas apabila kecelakaan akan mengarah kerumah dll. Secara prinsip dengan membaca fengshui rumah ini bukan untuk dipercayai 100% akan tetapi hanya sebagai bahan masukan

Semoga bermanfaat dan dapat membantu tips pintar membeli rumah tinggal.

aditoOleh: Edito Dwi Antoro, ST., MT.

(Dosen Fakultas Teknik Unihaz Bengkulu)