Tips Sukses Melamar & Wawancara Kerja

melamar pekerjaanSEMUA orang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya saat dipanggil interview kerja. Sebelum mengikuti wawancara, siapkan diri terlebih dahulu dengan berbagai pengetahuan. Liputah khusus hari ini,  membahas tentang wawancara kerja dan seluk-beluknya.

Selain mengerti area bisnis dalam perusahaan, Anda perlu tahu tuntutan pekerjaan pada bagian yang dipilih. Misalnya melamar ke perusahaan advertising tapi memilih bagian keuangan, Anda harus tahu dan menguasai bidang tersebut karena nanti akan ditanya seberapa mampu Anda mengembangkan perusahaan.

Tidak hanya itu saja, budaya dalam perusahaan serta jam kerjanya pun perlu dicari tahu terlebih dahulu untuk menambah pengetahuan Anda saat wawancara kerja. Dengan demikian, Anda terlihat memiliki niat yang besar untuk bergabung dalam perusahaan.

Penampilan pun memegang peranan penting saat melamar kerja. Salh kostum bisa jadi kesempatan melayang. Ingatlah kesan pertama begitu menentukan. Ada beberapa perusahaan yang 80 persen penilaiannya dilihat dari cara berpakaian si pelamar. Namun ada pula perusahaan yang memberikan penilaian 50 persen untuk penampilan sisanya berdasarkan jawaban-jawabannya.

Ada beberapa hal lainnya yang bisa jadi pertimbangan, seperti cara berjalan yang baik kemudian berjabat tangan dengan pewawancara sambil menatapnya ramah. Berikan sapaan dengan bahasa yang tepat dan santun, coba semaksimal mungkin memberikan citra positif di hadapan pewawancara.(**)