Tips Bikin Konten OOTD Makin Awesome Dengan Smartphone

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Mengakses medis sosial sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan. Update status, sharing konten menarik hingga posting konten video atau foto outfit of the day (OOTD) menjadi aktivitas media sosial yang sering dilakukan. 

Berbagai platform aplikasi media sosial pun semakin meningkat jumlah penggunanya dan durasi penggunaannya. TikTok dan Instragam misalnya, keduanya menjadi aplikasi favorit pengguna untuk menunjukan eksistensinya di media sosial. 

Dalam beberapa bulan belakangan ini TikTok mengalami pertumbuhan pengguna sebesar 20% dengan 27% peningkatan interaksi pada berbagai konten. Sementara itu, pengguna Instagram menggungah story rata-rata 6,1 kali dalam sehari untuk membagikan berbagai aktivitas ke media sosial. Konten entertainment (35.61%) serta fashion and beauty (13.77%) secara general menarik minat konsumen (termasuk Gen Z) untuk melakukan engagement pada saat mereka beraktivitas di media sosial.

Semakin banyak pengguna yang memanfaatkan berbagai platform media sosial tersebut, turut memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkreasi menjadi content creator dalam membuat berbagam konten kreatif. Tidak hanya untuk mengekspresikan diri, berbagai konten kreatif tersebut bahkan kini juga sudah bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan. Dengan konten video atau foto OOTD yang menarik, akan memikat baik itu pengguna media sosial lainnya maupun para pemilik produk yang membutuhkan jasa endorser

Lalu bagaimanakah cara membuat konten media sosial yang menarik? Berikut ini beberapa tips mudah bagi kamu yang ingin membuat konten video dan foto yang awesome

Cukup Pakai Smartphone 

Smartphone saat ini sudah dibekali fitur kamera berkemampuan tidak kalah dengan kamera digital bahkan yang pro. Selain memiliki beberapa lensa kamera berresolusi tinggi, fitur kamera di smartphone juga sudah memiliki fitur pendukung yang lengkap. Dan yang pasti, smartphone lebih nyaman dan simple untuk dibawa-bawa saat membuat konten.

Salah satu pilihan smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni untuk membuat konten awesome yaitu Samsung Galaxy A71. Smartphone terbaru ini hadir dengan Quad Camera yang terdiri dari Main Camera 64 MP + Ultra-Wide 12 MP + lensa Depth 5 MP + kamera Macro 5 MP. 

Kamera Main Camera 64 MP berfungsi untuk menghasilkan gambar foto dan video yang cerah dan tajam. Kemudian lensa kamera Ultra-Wide 12 MP mampu menghasilkan tangkapan gambar luas hingga sudut pandang 123 derajat. Kamera lensa Depth 5 MP berguna untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang sempurna. Sedangkan kamera Macro 5 MP bisa untuk memotret objek dari jarak dekat. Dan untuk kamera depannya, Samsung Galaxy A71 dibekali dengan kamera berresolusi besar, yaitu 32 MP.

Dengan kemampuan kamera tersebut, maka kamu bisa lebih leluasa membuat konten video/foto OOTD lebih awsome. Kamu bisa menghasilkan foto dengan tampilan tajam dan cerah di berbagai kondisi, baik itu siang, malam, outdoor, atau indoor yang minim cahaya. Bisa juga berfoto dengan tampilan latar belakang dengan tangkapan luas, misalkan pemandangan alam. Atau saat ingin berfoto beramai-ramai dengan keluarga atau teman, bisa dilakukan dengan mudah tanpa ada yang out of frame. 

Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang blur atau foto bokeh, layaknya tangkapan kamera profesional. Dan saat mau memotret foto jarak dekat, misalnya untuk mengabadikan hasil make up secara close up, bisa melakukan foto makro dengan hasil tetap terlihat fokus. Atau ingin memotret lebih detil dengan jarak pengambilan 3-5 cm, misalnya untuk memotret material dari baju yang dikenakan saat berfoto, juga bisa. 

Buat kamu yang gemar bergaya di depan kamera untuk posting konten media sosial seperti TikTok atau Instagram Story, Samsung Galaxy A71 menyediakan kamera depan mumpuni berresolusi 32 MP. 

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, ketika aktivitas lebih banyak dilakukan di dalam rumah, bukan berarti tidak bisa berkreasi membuat konten yang awesome. Dengan memanfaatkan spot dan properti yang ada di rumah kamu tetap bisa menghasilkan konten foto/video yang kreatif. 

Manfaatkan Fitur Pendukung Kamera

Untuk membuat konten OOTD yang awesome, jangan hanya asal melakukan shoot. Coba manfaatkan berbagai fitur pendukung kamera yang sudah disediakan. Apalagi kebanyakan smartphone saat ini sudah dibekali berbagai fitur pendukung lengkap. Dengan memanfaatkan fitur pendukung tersebut bisa memudahkan siapapun untuk menjadi content creator dengan hasil konten yang tidak kalah dengan mereka yang sudah professional. 

Misalnya pada Samsung Galaxy A71 yang menyediakan fitur Single Take. Fitur ini akan membantu kamu saaat merasa ribet saat harus bergantian untuk mengambil foto dan video untuk objek yang sama. Jadi kamu tidak akan kehilangan momen akibat harus berpindah dari mode foto dan video. Dengan fitur Single Take kamu cukup sekali tekan tombol shot, maka kamera di Samsung Galaxy A71 akan mengambil foto dan video secara bersamaan. Tidak hanya itu dengan fitur Single Take ini juga bisa menghasilkan beragam variasi video mulai dari versi originalboomerang, dan fast forward. Selain itu teknologi Artificial Inteligence pada Samsung Galaxy A71 akan memilih satu foto yang memiliki angle dan kualitas yang paling baik serta 1 foto dengan mode hitam putih.

Selain itu ada juga beberapa fitur pendukung lainnya yang bisa dimanfaatkan, seperti Live Fokus untuk menghasilkan foto bokeh, Wide Angle untuk memotret dengan jangkauan tangkapan hingga 123 derajat. Atau bisa menggunakan fitur Panorama untuk tangkapan yang lebih lebar lagi. Buat kamu yang gemar foto selfie atau bergaya di depan kamera, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur Filter yang bisa mengubah tampilan konten foto/video dalam 13 variasi filter yang bisa dipilih. Tidak ketinggalan fitur Beauty Effect yang akan mengubah tampilan foto selfie kamu makin awesome dan lebih percaya diri. Buat kamu yang terbilang pro soal kamera, Samsung Galaxy A71 juga sudah menyediakan fitur Pro mode.  Fitur ini dapat meningkatkan kemampuan pengambilan foto. Kamu dapat melakukan penyesuaian berbagai setingan kamera, mulai dari ISO, Apertur dan Shutter Speed, Fokus, White Balance, hingga Eksposur. 

Untuk membuat konten video, Samsung Galaxy A71 juga sudah dilengkapi fitur pendukung yang tak kalah mumpuni. Salah satunya yaitu fitur Super Steady yang mampu menghilangkan guncangan kamera baik saat merekam video objek bergerak atau Anda sendiri yang bergerak dengan perangkat di tangan. Bahkan ketika Anda berjalan, hiking, hingga berlari, Video Super Steady akan membantu mengabadikan momen dengan sempurna. Jadi kamu tidak lagi perlu menggunakan perangkat gimbal. 

Ada juga fitur Super Slow Motion yang bisa dimanfaatkan untuk membuat video gerak lambat atau slow motion yang dramatis. Belum lagi kemampuan merekam videonya yang mencapai resolusi Full HD 60fps, bahkan hingga kualitas 4K. 

Buat Stok Konten, Shot Berulang Kali 

Saat mau mengunggah konten ke media sosial seperti TikTok, Instagram dan lainnya, pasti kita akan memilih konten video/foto yang paling bagus. Oleh karena itu jangan pernah cepat puas hanya dengan sekali take. Lakukan retake  beberapa kali sebagai stok konten, karena itu bisa menjadi pilihan nantinya sebelum diposting ke media sosial. 

Untungnya Samsung Galaxy A71 dibekali dengan memori berkapasitas besar. Memori internalnya saja mencapai 128GB. Tidak haya itu kamu juga bisa menambah dengan hingga 512 GB dengan memasukkan kartu memori tambahan. Jadi, kamu bisa mengambil konten foto/video sebanyak-banyaknya tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan pada smartphone. 

Jangan Lelah Bikin Konten Seharian

Untuk membuat  beragam konten apalagi ingin menghasilkan konten yang paling awesome, pastinya membutuhkan waktu yang lama. Mulai dari proses perencanaan konten, eksekusi konten hingga harus memilih hasil konten foto maupun video yang ingin diunggah di media sosial. Jangan lelah ya! 

Jika menggunakan Samsung Galaxy A71, maka smartphone ini juga tidak pernah lelah mendukung aktivitas kamu itu. Samsung Galaxy A71 mampu bertahan lama hingga seharian penuh berkat dibekali baterai berkapasitas besar. Samsung Galaxy A71 memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh. Dan saat baterai dalam kondisi lowbath, juga tidak perlu khawatir. Karena Samsung Galaxy A71 sudah mendukung teknologi Super-Fast Charging 25 W yang bisa melakukan pengisian ulang dengan cepat. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk kembali menggunakan smartphone ini. 

Stay Safe Saat Bikin Konten di Tengah Pandemi

Buat kamu yang terpaksa harus membuat konten di luar ruang atau lokasi tertentu, harus ingat untuk selau stay safe dari Covid-19. Tetap patuhi protokol kesehatan di manapun berada. Untuk itu Samsung membantu kamu dengan menghadirkan aplikasi Samsung C-Safe yang akan menginformasikan berbagai hal seputar Covid-19, jadi kamu tetap bisa selalu waspada.  

Dalam aplikasi C-Safe ini memuat info data statistik Covid-19 nasional di area tempat pengguna berada, level resiko dari zona tempat pengguna berada atau tempat yang ingin dikunjungi, daftar Rumah Sakit rujukan dan penyedia test Covid-19 di sekitar area pengguna, termasuk informasi dan program untuk mendukung gaya hidup sehat.

Pada Samsung C-Safe, terdapat informasi dan berita kesehatan terbaru, termasuk mengingatkan pengguna untuk rutin mencuci tangan karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan aplikasi Wash Hand. Pengguna juga dapat memilih berbagai program training olahraga melalui aplikasi Samsung Health yang juga terintegrasi dengan aplikasi Samsung C-Safe.

Denny Galant, Head of IM Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia, menjelaskan,
Samsung C-Safe dibuat oleh anak-anak muda Indonesia dibawah naungan Samsung Research Indonesia. “Setelah mengunduh Samsung C-Safe, cukup dengan membuka aplikasi, pengguna dapat langsung mengetahui kondisi pandemi di sekitarnya atau lokasi tujuan jika ia perlu beraktivitas di luar rumah. Melalui informasi ini, kami berharap masyarakat Indonesia dapat melindungi dirinya, keluarga dan masyarakat sekitarnya, serta selalu waspada, khususnya saat berada di zona tidak aman,” jelas Denny

Samsung C-Safe telah dapat diunduh melalui Galaxy Store dan Play Store untuk para pengguna smartphone Android, dan dapat diakses melalui https://www.samsung.com/id/samsung-c-safe.(adv)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*