Tips Berkendara yang Aman dan Nyaman di Musim Hujan

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dalam era adaptasi kebiasaan baru yang saat ini berlangsung, Astra Motor Bengkulu masih terus melakukan kegiatan edukasi Safety Riding walau kegiatannya dalam bentuk online. Bekerjasama dengan guru dan tata usaha SMKN 1 Kota Bengkulu, edukasi safety riding membahas cara berkendara yang aman dan nyaman di musim hujan.

Sering kali pengguna sepeda motor tidak memperhatikan keadaan sepeda motor yang dimiliki atau tidak melakukan secara rutin service berkala di AHASS. Padahal jika rutin melakukan service di bengkel resmi Honda akan mengurangi dampak yang bisa berakibat kecelakaan saat berkendara. Contohnya ketika masyarakat kurang memperhatikan keadaan lampu utama sepeda motor dalam keadaan yang optimal. Lampu utama merupakan salah satu indicator untuk memberi tanda kepada kendaraan di depan sehingga kurang optimalnya lampu utama sepeda motor bisa berpengaruh terhadap kenyamanan bahkan keselamatan pengendara.

Edukasi keselamatan berkendara yang dilakukan dengan mengelar webinar melalui aplikasi Google Meets diikuti oleh guru dan tata usaha sekolah SMKN 1 Kota Bengkulu. Harapannya peserta webinar dapat menjadi contoh untuk orang sekitarnya. Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Bengkulu Dra. Hj. Evriza, M. Pd sangat mendukung kegiatan guna keselamatan guru beserta tata usaha SMKN 1.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu Noval Yunaidi memaparkan tentang pentingnya keselamatan berkendara dengan aman menggunakan perlengkapan berkendara yang benar, menjelaskan apa factor paling besar penyebab kecelakaan, menjelaskan Kebiasaan “salah” yang sering dilakukan pengguna motor di jalan serta tips bagaimana cara mengatasi nya. Noval juga menjelaskan cara pengereman yang benar seperti apa dan pastinya juga menjelaskan pentingnya Perlengkapan berkendara yang benar menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

Untuk menyemangati peserta dalam webinar ini, edukasi juga diberikan dalam bentuk game online. Para peserta sebelum dan setelah edukasi diberi game dalam bentuk kuis yang berisi materi yang diberikan. Peserta yang berhasil menjawab dengan benar dan cepat akan mendapatkan hadiah berupa Apparel Honda yang menarik. Kegiatan ini dilakukan untuk edukasi pada masyarakat sehingga mampu mengurangi angka kecelakaan yang terjadi khususnya di Kota Bengkulu.

“Semoga pengendara dapat lebih memahami dan lebih berhati-hati dalam berkendara dijalan raya. Dan dengan adanya edukasi ini, kita akan lebih aware dalam berkendara, bukan hanya untuk keselamatan sendiri namun untuk keselamatan semua.” tutup Noval. (Rls)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*