Helmi Tinjau Irigasi, Bagikan Pestisida

Gebrakan 100 Hari Helmi-Linda

DSC_0064BENGKULU, BE – Setelah dilantik menjadi Walikota dan Wakil Bengkulu pada 21 Januari lalu, H Helmi Hasan SE dan Ir Patriana Sosialinda terus turun ke masyarakat untuk mengetahui persoalan yang mendera warga kota. Sebelumnya, Walikota dan Wakilnya melaunching fogging untuk memberantas sarang nyamuk di Kota Bengkulu dan turun menemui pedagang ke Pasar Percontohan Nasioal (PPN) Panorama terkait pembagian kios yang diduga sarat kecurangan.

Namun sekitar pukul 09.00 WIb, kemarin, Walikota di dampingi para asisten, para staf ahli, para Kepala Dinas, Kepala Bappeda, Kabag Humas dan beberapa pejabat kota meninjau saluran irigasi persawahan di kelurahan Panorama kota Bengkulu.

Walikota berserta rombongan ini menyusuri irigasi yang  terdapat di  belakang SMPN 21 kota itu. Dalam kesempatan itu, Walikota menemukan banyaknya irigasi yang jebol dan tutup pintu air tidak berfungsi. Akibatnya petani kesulitan mengontrol air, dan terjadi kebanjiran saat hujan turun serta mudah kekeringan saat kemarau.

“Seperti yang sudah bapak lihat  tadi, bahwa kondisi irigasi yang mengairi sawah kami ini memang dalam keadaan rusak, sehingga kami kesulitan mengontrol air. Untuk itu, kami sangat mengharapkan bantuan dari bapak Walikota,” kata Ketua Gabungan Kelompok (Gapktan) Panorama, Asarudin.

Ia menjelaskan kerusakan seperti jebolnya beberapa titik dinding irigasi disebabkan oleh besarnya arus air saat musim penghujan, dan sejauh ini irigasi yang jebol tersebut terpaksa ditutup oleh para petani hanya menggunakan karung yang berisi tanah.
“Jika irigasi ini tidak berfungsi dengan baik, maka setidaknya ada 300 hektar yang tidak bisa diairi dengan baik. Sedangkan peotensi pengahasil yang berkisar antara 4-5 ton per hektar terancam menurun,” sampainya.

Mendapati hal tersebut,  Helmi Hasan langsung mengintsruksikan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota untuk segera memperbaiki irigasi tersebut dan harus selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Saya sudah melihat dan mendengarkan lansung keluhan dari para petani kelurahan Panorama ini, dan saya minta kepada Kadis PU untuk merealisasikan perbaikan dinding irigasi ini. Sedangkan untuk pintu air akan langsung dipasang hari ini (kemarin,red),” ujarnya.

Bagikan Pestisida
Usai meninjau langsung irigasi tersebut, Walikota membagikan pestisida atau racun pembasmi hama pada kepada 8 Kelompok Tani (Poktan) secara gratis. Walikota berharap dengan adanya bantuan pestisida dari Pemerintah kota tersebut dapat meningkatkan hasil panen, sehingga petani pun semakin sejahtera.

“Bapak/ibu tidak perlu khawatir, racun hama padi ini akan diberikan secara gratis, mudah-mudahan hasil panen bapak/ibu akan meningkat sehingga harga beras di kota Bengkulu selalu stabil,” sampainya yang disambut suka-cita dari para petani.(400)