Tingkatkan Wawasan Kebangsaan di Ruang Digital

BENGKULU, bengkuluekspress.com -Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Dimana, pentingnya untuk meningkatlan wawasan kebangsaan diruang digital.

Salah satu Narasumber Guru PAI SMAN 2 Bengkulu Selatan Meri Sofian, S.Pd., M.Pd mengatakan, tumbuh dari paham multikulturalisme, yaitu cara pandang tentang keberagaman kehidupan yang menekankan penerimaan terhadap realitas perbedaan agama, budaya, dan worldview yang terdapat dalam masyarakat.

“Sifat yang mengakui dan menghargai perbedaan dalam kesederajatan. Jika sifat multikultural ini terinternalisasi pada diri individu. Individu tersebut akan secara terbuka memahami, menghargai serta mengkaji budaya orang lain yang dilandasi oleh semangat menghormati dalam kebersamaan,” ujar Meri, Jumat (13/8).

Dijelaskan Meri, masyarakat Indonesia berada pada era digital, meliputi aspek kehidupan tidak terlepas dari penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Terjadi pergeseran pola pola  fikir, pola sikap dan pola tindak masyarakat dalam akses dan  distribusikan informasi.

“Masyarakat indonesia akan semakin mudah dalam mengakses informasi melalui berbagai platform teknologi digital yang  menawarkan inovasi fitur dari  medium komunikasi yang kian  interaktif,” ungkapnya.

Sementara itu, CTO Cyber Group Dadan Hermawan, ST menjelaskan rekam jejak digital merupakan segala rekaman atau bukti yang ditinggalkan setelah beraktivitas di internet dan terekam melalui komputer atau laptop.

“Jejak digital aktif merupakan data yang sengaja dibuat untuk ditinggalkan penggunannya. Sedangkan, jejak digital pasif merupakan data yang ditinggalkan penggunanya tanpa disadari,” pungkasnya.

Ia menambahkan, menggunakan jejak digital, sehingga dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti membuat password atau PIN yang unik, menunggah hal-hal positif di berbagai media sosial, hati-hati dalam mengunggah data pribadi di media sosial. Serta gunakan aplikasi penghapus unggahan di media sosial mulai dari foto atau video, likes, dan komentar yang pernah diunggah. (HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*