Tingkatkan Taqwa, dan Ikhlas Bekerja

idul adha
ASRI/Bengkulu Ekspress
KHUSYUK: Plt Bupati Bengkulu Selatan terlihat khusuk mengikuti rangkaian salat idul adha di lapangan Sekundang, Kota Manna, Rabu (22/8).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pemda Bengkulu Selatan (BS) menggelar salat hari raya idul adha di Lapangan Sekundang, Kota Manna. Begitu juga dengan tahun ini, pelaksanaan salat hari raya idul adha, juga digelar di Lapangan Sekundang. Bertindak sebagai imam, H Soeryadi sedangkan khotib H Hartawan SH MH

Dalam Khotbahnya, Hartawan mengajak seluruh jamaah untuk terus meningkatkan ibadah kepada Allah SWT dan semakin ikhlas dalam mengemban amanah yang diberikan

“ Mari kita jadikan momen hari raya idul adha tahun ini agar semakin taqwa kepada allah dan semakin iklas dalam bekerja,” katanya.

Dihadapan jamaah, Hartawan mengatakan, Ibadah kurban bukan hanya mementingkan tindakan lahiriyah, berupa menyedekahkan hewan ternak kepada orang lain terutama fakir miskin, tetapi yang lebih penting adalah nilai ketulusan guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam beberapa ayat Al-Qur’an, Allah SWT memperingatkan bahwa yang betul-betul membuahkan kedekatan dengan-Nya (kurban), bukanlah fisik hewan qurban, melainkan nilai takwa dan keikhlasan yang ada dalam jiwa kita. Dikatakannya, pada hari raya idul adha ada dua makna.

Pertama, penyembelihan hewan ternak sebagai kurban, merupakan bentuk simbolik dari tradisi Nabi Ibrahim AS, dan merupakan syi’ar dari ajaran Islam. Kedua, Allah SWT hanya menginginkan nilai ketakwaan, dari orang yang menyembelih hewan ternak sebagai ibadah kurban.  “ Semoga dengan hari raya idul adha ini, kita mendapatkan redho dari Allah SWT,” ujarnya

Hartawan menjelaskan, Hikmah dan manfaat menjalankan ib adah qurban dengan iklhas demi mengharapkan redho Allah SWT yakni pertama, meningkat keimanan kepada Allah SWT. Ibadah kurban yang dilaksanakan oleh orang muslim dapat melatih kepatuhan dan kepasrahan total kepada Allah SWT. Ke-2 membersihkan diri dari sifat-sifat bahimiyyah.



Pada saat hewan kurban jatuh ke bumi maka saat itulah sifat kebinatangan harus sirna, seperti rakus, serakah, kejam dan penindas. Ke-3 menanamkan rasa kasih sayang dan empati kepada sesama. Serta ang ke-4 melatih kedermawanan dengan memberikan daging qurban kepada orang lain. “ Dengan ibadah qurban, kita senantiasa menjadi umat islam yang selalu istqomah di jalan Allah SWT,” demikian Hartawan.

Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM mengajak seluruh warga Bengkulu Selatan menjadikan momen hari raya idul adha ini untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dirinya juga mengajak seluruh warga Bengkulu Selatan dapat terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa bergotong royong terus dikedepankan, agar ke depan Bengkulu Selatan semakin maju. “ Mari kita terus bersatu agar Bengkulu Selatan semakin maju dengan masyarakatnya makin sejahtera,” terang Gusnan. (369)