Tingkatkan SDM Pendidikan Kedokteran, Pemkot, RSMY dan UNIB Teken MoU

FOTO IMAN/ BE –
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Yunus Bengkulu, Zulkimaulub Ritonga, Direktur RSUD Harapan dan Doa dr Lista Cherlyviera dan Wakil Rektor Unib Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Ardilafiza saat menandatangani kerjasama di Aula RSHD, Kamis (22/04).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mendukung penuh rencana dari Fakultas Kedokteran dan ilmu kesehatan Universitas Bengkulu (UNIB) dalam meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran. Salah satunya dengan menjalin perjanjian kerjasama dengan RSUD M Yunus dan RSUD Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu.

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan pihaknya sangat mendukung terkait hal tersebut. Karna selain bisa menambah SDM-nya, hal ini juga sebegai bentuk dukungan dari pemerintah provinsi maupun kota terhadap eksistensi dari fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan Universitas Bengkulu.

“Kita (Pemkot) bersama Pemprov mendukung penuh langkah ini. Tentu melalui kerjasama, harapan kita tidak repot-repot lagi disaat kebutuhan dokter yang begitu tinggi di Bengkulu, baik spesialis dan lainnya. Jadi, melalui kerjasama ini semoga Unib dapat memenuhi sebuah kebutuhan tersebut dengan menghadirkan dokter-dokter yang terbaik,” kata Helmi, Kamis (22/04).

Sementara itu, Wakil Rektor Unib Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr Ardilafiza SH MHum mengungkapkan, bahwa kerjasama ini merupakan langkah yang kongkrit dalam penyelengaraan pendidikan kedokteran di Unib.

“Ini upaya kita dalam meningkatkan pendidikan kedokteran melalui kerjasama dengan beberapa rumah sakit di Provinsi Bengkulu. Pendidikan ini harus ditingkatkan terus, maka dari itu kita melihat potensi yang bagus dari RSUD M Yunus dan RSUD Harapan dan Doa untuk meningkatkan SDM yang ada di Unib. Dan saya ucapakan terimakasih kepasa pihak M Yunus yang telah membantu Unib selama ini,” jelas Ardilafiza.

Ia pun berharap, kerjasama ini bisa terus berlangsung kedepannya sehingga bisa menghasilkan dokter-dokter yang terbaik di Provinsi Bengkulu. Mengingat karena memang dokter merupakan profesi yang sangat dibutuhkan sekarang ini.

Pada kesempatan itu juga, Direktur RSHD Kota Bengkulu dr Lista Cerlyviera mengungkapkan, pihaknya sangat menyambut baik kerjasama ini, karena memang untuk menghadirkan dokter yang terbaik tentunya tidak hanya selama di fakultas saja, tetapi harus ada praktek langsung di lapangan dan inilah yang akan dilakukan di RSHD nantinya.

“Memang untuk sekarang ini, jumlah dokter yang ada di RSHD sudah cukup. Tetapi kita sebagai rumah sakit pemerintah harus ada peningkatan lagi dari tipe yang saat ini. Sehingga jumlah dokter pun akan bertambah. Dan ini salah satu solusi nanti kedepannya,” tutupnya. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*