Tingkatkan Perekonomian Daerah

ekonomi-inflasi
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menjadi tuan tumah even nasional Teknologi Tepat Guna (TTG) 2019 pada 21 hingga 25 September mendatang. Kegiatan TTG tersebut selain memamerkan danĀ  memperlombakan teknologi andalan daerah, juga dapat menumbuhkan ekonomi daerah.Asisten I Pemda Provinsi Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi mengatakan, persiapan kegiatan ini sudah mencapai 60 persen dan telah dikomunikasikan dengan seluruh Provinsi di Indonesia.

Pihaknya memperkirakan ada sekitar ribuan orang yang akan menghadiri kegiatan ini nantinya.”Kalau peserta kita tidak bisa memprediksi berapa banyak yang hadir karena kegiatan ini diikuti semua Kabupaten/Kota se-Indonesia. Perkiraan kita ada ribuan nantinya,” kata Hamka, kemarin (18/7).

Dengan banyaknya orang hadir dalam kegiatan ini, diharapkan dapat membangun perekonomian daerah. Karena selain menghadiri kegiatan ini, orang yang berkunjung tersebut nantinya diperkirakan akan berbelanja kebutuhan di Bengkulu baik oleh-oleh dan sebagainya.”Jelas akan berdampak ke ekonomi daerah, makanya kita optimis kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik,” ujar Hamka.

Hamka mengaku, kegiatan ini direncanakan akan dibuka oleh Presiden RI terpiihJoko Widodo. Sehingga kegiatan ini akan semakin lebih bermakna dan berkesan.”Pembukaan dijadwalkan akan dilakukan olehPresiden RI,” tutupnya.Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, MSyahroni SSos menambahkan, untuk target peserta 600 orang dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

Mengingat jumlah peserta yang cukup banyak, pihaknya juga akan melakukan persiapan dengan matang. Bahkanhingga saat ini pihaknya terus memantau masing-masing tim dari kabupaten/kota untuk menampilkan TTG unggulannya. “Salah satu yang kita unggulkan yakni teknologi pengelolaan kopi yang ada di Kepahiangyang sebelumnya juga sempat mendapat juara 2.

Namun untuk daerah lain kita juga akan pantau nanti apa TTG yang dapat ditampilkan,” ujar Syahroni. Ia menyatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan yangsangat bagus untuk mempromosikan Bengkulu di kancah nasional. Melalui kegiatan ini juga dapat mempromosikankunjungan wisata yang ada di Provinsi Bengkulu dalam rangka menyambut Wonderful Bengkulu 2020. “Untuk paratamu kita dari luar daerah, kegiatan ini sangat bagus dalam rangka mempromosikan paraiwisata kita,” tutupnya.(999)